Personel Kodim 0824 Bantu Polres Jember Amankan Peribadatan Umat

Redaksi: Sabtu, 12 Mei 2018 | 23.02.00



JEMBER| HARIAN9
Pada Kamis 10/11/2018 mulai pukul 07.00 Wib yang merupakan hari libur nasional dalam rangka memperingati Kenaikan Isa Al Masih tentunya oleh umat Kristen dimanfaatkan untuk peribadatan di gereja masing-masing.

Terkait dengan kegiatan tersebut Di Kabupaten Jember yang terdapat sekitar 7 % dari numlah penduduk keseluruhan menganut agama Kristen, pada saat seperti ini sibuk melaksanakan peribadatan sesuai gereja masing-masing.

Dalam rangka menjamin kehidmatan peribadatan Umat Kristen tersebut tentunya perlu adanya pengamanan baik dari personel Polres Jember maupun Kodim 0824, baik yang melaksanakan pengamanan digereja-gereja maupun yang bersifat patroli wilaya. 

Seperti di Gereja Pantekosta Tanggul Wetan Kec Tanggul Kab Jember yang dilaksanakan kebaktian dengan pendeta Romo Kri Siahaan dengan jemaat sekitar 300 orang personel pengamanan 5 orang dari Polsek dan 2 orang dari Koramil 0824/16 Tanggul.

Kemudian di Gereja GBT Imanuel Jl Letjen Suprapto XVIII no 19 Kel Kebonsari Kec Sumbersari Jember dengan jemaat 100 orang dipimpin oleh Pendeta Samuel Madekan, M.Th, dengan pengamanan 4 orang personel Polsek Sumbersari dan 2 orang dari Koramil 0824/11 Sumbersari.

Di Gereja Kejawen Jawi Wetan (GKJW) Dsn Krajan Ds Rambipuji Kab Jember dpimpin Pendeta Adi Sih Nugroho diikuti oleh 75 jemaat dengan pengamanan dari Polsek Rambipuji 3 orang dan dari Koramil 0824/13Rambipuji 1 orang.

Demikian halnya digereja gereja lainnya diseluruh wilayah Kabupaten Jember yang dilaksanakan peribadatan yang sama dan dalam pengamanan Polsek maupun Koramil setempat yang standby di sekitar gereja, memeriksa pengunjung dan sekitar lokasi gereja sehingga Umat Kristiani dapata melaksanakan kegiatan peribadatannya dengan aman,  nyaman dan khidmat.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmaai menyampaikan bahwa dirinya bersama Kapolres Jember maupun unsur terkait lainnya senantiasa memantau perkembangam situasi peribadatan umat Kristiani dalam memperingati Kenaikan Isa Al Masih tersebut.

Kita sudah instruksikan kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan pengamanan disetiap gereja dan melaksanakan patroli wilayah sejak beberapa hari yang lalu, sehingga dapat diantiaipasi secara dini kalau terdapat gangguan keamanan, utamanya terkait peribadatan Umat Kriatiani dalam memperingati hari besar  agamanya.

Saat ditanyakan situasi hingga saat ini, Letkol Inf Arif Munawar menyatakan bahwa untuk Kabupaten Jember situsinya kondusif hingga saat ini peribadatan berjalan sebagai mana meatinya. Saya bangga kepada masyarakat Jember yang sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, disinilah aumber utama konduaifitas yang tercipta.(Sis24) rel.




Komentar