RSUD Padangsidimpuan Miliki Unit Cuci Darah

Redaksi: Rabu, 02 Mei 2018 | 00.13.00


Pj. Walikota Padangsidimpuan diwakili Sekda Drs. H Zulpeddi Simamora, MM, bersama Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, Ketua Pernefri Korwil Sumut-Aceh Prof.dr. Harun Rasyid Lubis. Sp.PD-KGH, Kadis Kesehatan H Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes dan Direktur RSUD dr Aminuddin, saat menijau ruangan cuci darah usai peresmian unit hemodialisa RSUD Padangsidimpuan Senin (30/4). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan kini telah memiliki unit  Hemodialisa (cuci darah), setelah diresmikan oleh Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM, Senin (30/4).

Peresmian ruang unit hemodialisa (cuci darah) RSUD Padangsidimpuan dihadiri Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, Ketua Persatuan Nefrologi Repulik Indonesia (Pernefri) Kordinator Wilayah (Korwil) Sumatera Utara (Sumut)-Aceh Prof.dr. Harun Rasyid Lubis. Sp.PD – KGH, Kepada Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan H Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, Direktur RSUD Kota Padangsidimpuan dr Aminuddin, para Asisten, Kaban, Kadis di lingkungan Pemko Padangsidimpuan.

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM diwakili Sekda Kota Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi Simamora, MM menekankan agar pelayanan RSUD Padangsidimpuan lebih ditingkatkan lagi, sehingga visi misi Pemko Padangsidimpuan yang Sehat, Maju dan Sejahtera (SMS) lebih terwujud.

“Dengan diresmikannya ruang unit hemodialisa (cuci darah) di RSUD Padangsidimpuan ini, pelayanan di RSUD Padangsidimpuan lebih ditingkatkan lagi, khususnya bagi pasien yang melakukan cuci darah,“ ujar Walikota.

Walikota mengatakan, ia tetap berkomitmen dalam menunjang pembangunan Kota Padangsidimpuan sesuai visi misi SMS. Karena, dengan peningkatan fasilitas RSUD ini diharapkan ada peningkatan pelayanan sehingga semua keperluan masyarakat dapat dilayani.

“Tingkatkan kwalitas pelayanan yang ada di rumah sakit, agar masyarakat yang berobat dan inap di RSUD ini merasa nyaman, karena RSUD ini juga merupakan Rumah Sakit rujukan se Tabagsel,“ jelasnya.

Terkait dengan sarana dan prasarana unit hemodialisa  yang hanya memiliki 4 mesin cuci darah dan ditangani oleh 2 dokter umum, Walikota mengaku sarana dan pprasarana tersebut masih kurang termasuk juga kekurangan dokter spesialisnya.

“Tentunya dengan masih adanya kekurangan ini, Pemko Padangsidimpuan akan terus berupaya dan melakukan peningkatan khususnya terhadap kekurangan tenaga ahli dalam hal menangani mesin cuci darah yang akan diusulkan anggarannya pada APBD Pemko Padangsidimpuan TA 2019 mendatang,“ paparnya.

Diharapkannya, apa yang direcanakan itu segera terwujud agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat di Tabagsel khususnya masyarakat Kota Padangsidimpuan yang tentunya juga harus didukung semua pihak khususnya juga jajaran Legislatif.

Sementara Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, juga mengapresiasi dan menyampaikan kegembiraannya atas diresmikannya pemakaian ruang hemodialisa ini, semoga keberadaannya bisa digunakan juga bermanfaat bagi pasien rawat jalan dan rawat inap dan kedepannya Pemko Padangsidimpuan sendiri berencana akan meningkatkan fasilitas lainnya.

“Dengan diresmikannya ruang unit hemodialisa (cuci darah) serta peresmian penggunaan alat cuci darah ini, diharapkan nantinya pelayanan kepada masyarakat semakin ditingkatkan, mengingat dari sisi fasilitas, RSUD ini sudah sangat lebih baik dan saya berharap ruangan dan alat-alat ini dijaga dan dirawat,“ kata Taty.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kota Padangsidimpuan H Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes didampingi Direktur RSUD Kota Padangsidimpuan dr Aminuddin menyampaikan, ruang Dan alat-alat  hemodialisa yang baru diresmikan ini dikhususkan bagi pasien rawat jalan dan rawat inap dan kini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas medis yang modern dan dokter spesialis.

“Ruang hemodialisa bisa menampung sekira 70 orang pasien dan rumah sakit ini merupakan rumah sakit rujukan se-Tabagsel dan dalam mewujudkan visi misi Pemko Padangsidimpuan RSUD harus tampil didepan dalam bentuk pelayanan yang semakin baik dan tidak hanya sebagai penyumbang PAD. Alhamdulillah, kini masyarakat Kota Padangsidimpuan telah memiliki fasilitas atau sarana dan prasarana yang lebih baik,“ kata Letnan Dalimunthe. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar