Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Padangsidimpuan Gelar Festival Pilgubsu 2018

Redaksi: Selasa, 01 Mei 2018 | 13.55.00

Koordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Padangsidimpuan Muktar Helmi, didampingi Komisioner KPU lainnya memberikan keterangan pers terkait kegiatan festival Pilgibsu 2018 di Sekretariat KPU Kota Padangsidimuan Jalan Kenaga Padangsiimpuan, Senin (30/4). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Tingkatan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan menggelar Festival Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 yang akan digelar di  Gedung Serba Guna Harapan Bunda Sihoring-koring Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

Hal itu dikatakan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Parsipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) Muktar Helmi, didampingi Komisioner KPU lainnya masing-masing DR. Arbanur Rasyid, MA (Koordinator Divisi Teknis) yang juga Ketua KPU Kota Padangsidimpuan, Hatimbulan Siregar (Koordinator Divisi Hukum), Hotma Rido Ranto (Koordinator Divisi Keuangan Umum dan Logistik), Ahmad Rasid (Koordinator Divisi Perencanaan dan Data), dan Sekretaris KPU Ahmad Nasirwan Batubara dalam keterangan pers di Sekretariat KPU Kota Padangsidimuan Jalan Kenaga Padangsiimpuan, Senin (30/4).

Dijelaskannya, kegiatan festival Pilgubsu 2018, Kota Padangsidimpan masuk wilayah Reginal III yang trdiri dari 7 Kabupaten / Kota yakni Kabupaten Tapsel, Mandailing Natal, Kabupaten Paluta, Kabupaten Palas, Tapteng, Kota Sibolga dan tuan rumah Kota Padangsidimpuan.

“Hingga hari terakhir pendaftaran, para peserta yang mendaftar sebanyak 12 group untuk kategori lomba band, untuk kategori stand up comedi 4 orang dan kategori lomba foto 3 orang. Lomba-lomba dalam Festival Pilgubsu 2018 ini memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah di setiap regionalnya,“ sebut Mukhtar Helmi.

Lebih lanjut dikatakan, festival Pilgubsu 2018 untuk Regional III itu dikemas dalam beberapa perlombaan yakni lomba foto, stand-up comedy, festival band dan pemilihan duta netizen berlangsung selama dua hari (2 sampai 3 Mei 2018) diikuti peserta Kota Padangsidimpuan, Tapanuli Tengah, Sibolga dan Mandailing Natal.

“Festival ini tak lain bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018 sekaligus peningkatan pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan, Targetnya adalah menyasar generasi milenial,“ katanya.

Menurut Mukhtar Helmi, kegiatan seperti stand up comedy, musik, atau kegiatan menarik lainnya diagendakan untuk menarik minat pemilih, khususnya generasi milenial. Karena sudah tidak zamannya lagi kegiatan sosialisasi Pemilu dilaksanakan melalui seminar-seminar.

“Nantinya dalam festival dirangkai berbagai macam agenda kegiatan yang menarik agar masyarakat, khususnya generasi milenial, semakin terlibat dalam pesta demokrasi tersebut,“ paparnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Padangsidimpuan DR. Arbanur Rasyid, MA mengatakan, wacana kegiatan festival Pilgubsu ini bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilgubsu nanti. Sebab pada Pilgubsu 2013 lalu, tingkat partisipasi masyarakat masih di bawah 50 persen, sehingga kita berupaya untuk meningkatkannya pada Pilgubsu tahun ini.

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi baru yang diterapkan oleh KPU dalam menyebarluaskan informasi Pilgubsu dan Pilkada serentak. Sebab, sosialisasi konvensional seperti seminar dan beriklan di telivisi dinilai tidak sefekti lagi selain itu biaya yang harus digelontarkan juga tidak sedikit. Keterlibatan netizen ini juga diharapkan dapat membantu KPU Kota Padangsidimpuan dalam mensosialisasikan Pilgubsu dan Pilkada serentak,“ jelas Arbanur. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar








Komentar