Andar Harahap Hadiri Buka Bersama Sekaligus Penyaluran Zakat Bagi Kaum Dhuafa Di Simangambat

Redaksi: Jumat, 08 Juni 2018 | 01.42.00

Andar Harahap turut serta menyerahkan zakat bagi kaum dhuafa dan fakir miskin oleh unit pengumpul zakat (Upz) kecamatan Simangambat yang dilaksanakan di desa Langkimat, kecamatan Simangambat, Rabu (6/6) malam. (Foto: Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Tokoh pemuda yang juga calon Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi menghadiri acara penyaluran zakat yang bagi kaum dhuafa dan fakir miskin oleh unit pengumpul zakat (Upz) kecamatan Simangambat yang dilaksanakan di desa Langkimat, kecamatan Simangambat, Rabu (6/6) malam.

Sebelum penyaluran zakat dilaksanakan, acara di awali dengan berbuka puasa bersama  yang juga di hadiri oleh Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHi, beberapa anggota DPRD Paluta diantaranya Amas Muda Siregar SE, H Hafrino N Harahap, M Yusuf Pasaribu, M Amin Siregar, camat Simangambat Malim P Kusuma Lubis SSTP, unsur Muspika Simangambat, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat sekitar serta 129 orang para kaum dhuafa dan fakir miskin yang akan menerima zakat.

Berdasarkan laporan ketua panitia yang menjadi ketua tim penyaluran zakat, infak dan sodaqoh UPZ bagi kaum dhuafa dan fakir miskin Kecamatan Simangambat Ustadz H Mahlim Siregar SPdi mengatakan, kegiatan tersebut digelar rutin setiap tahun dan telah memasuki pelaksaaan yang ke enam kalinya yang digelar secara bergilir tiap tahun di desa se-Kecamatan Simangambat.

Katanya, zakat yang disalurkan adalah zakat maal, infaq dan sodaqoh dari masyarakat di seluruh desa se kecamatan Simangambat selama satu tahun belakangan ini.

"Untuk tahun ini UPZ Kecamatan Simangambat berhasil mengumpulan zakat senilai 60 juta 2 ribu Rupiah yang akan disalurkan bagi kaum dhuafa dan fakir miskin yang telah didata setiap desa di seluruh Kecamatan Simangambat," ungkapnya.

Lebih lanjut H Mahlim juga mengaku jumlah nilai zakat, infak dan sodaqoh yang dikumpulkan Tim Pengumpul UPZ di Kecamatan Simangambat setiap tahunnya selalu ada peningkatan yang cukup signifikan.

Dirinya berharap agar kedepannya zakat, infaq dan sodaqoh masyarakat semakin bertambah sehingga dapat meringankan beban masyarakat kaum dhuafa dan fakir miskin di kecamatan Simangambat khususnya.

Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan penyaluran zakat yang sudah berjalan selama enam tahun kepada para kaum dhuafa dan fakir miskin di Kecamatan Simangambat.

Muklis juga menyampaikan ajakan kepada masyarakat Kecamatan Simangambat agar kegiatan penyaluran zakat, infak,sodakoh  di Kecamatan Simangambat dijadikan sebagai momentum bagi masyarakat  muslim kecamatan Simangambat untuk sadar berzakat bagi saudara islam yang kurang mampu.

"Semoga acara penyaluran zakat, infak dan  sodaqoh di kecamatan Simangambat ini bisa menjadi contoh serta bisa diterapkan oleh kecamatan lainnya di kabupaten Paluta,” harapnya.

Sementara itu, tokoh pemuda kabupaten Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi yang juga calon Bupati Paluta dalam sambutannya mengucapkan rasa kagum dan apresiasi yang mendalam atas kegiatan penyaluran zakat yang sudah berlangsung selama enam tahun tanpa adanya masalah.

Ia merasa terharu melihat rasa kekeluargaan dan ikatan kesatuan serta silaturrahmi yang dijalin dengan baik oleh masyarakat melalui kegiatan pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq, sodaqoh untuk kaum dhuafa dan fakir miskin di kecamatan Simangambat.

Kegiatan seperti ini baru ada dilaksanakan di kecamatan Simangambat. Saya merasa bangga bisa hadir dan mendapat ilmu melihat penyaluran zakat dan infaq ini sehingga bisa belajar untuk nantinya diterapkan di daerah-daerah lainnya," ungkapnya.

Lanjutnya, jika nanti ia diberi kepercayaan untuk memimpin daerah Paluta kedepannya, ia berharap agar kegiatan penyaluran zakat ini dapat ditingkatkan serta dikembangkan ke kecamatan lainnya dan bahkan di tingkat kabupaten Paluta untuk kemaslahatan umat Muslim.

Ia juga berharap, kedepannya masyarakat desa di kecamatan Simangambat dapat semakin meningkatkan kebersamaan dan rasa kepedulian sosial sehingga kegiatan penyaluran zakat ini semakin meningkat dan memberikan manfaat yang baik bagi penerima serta pemberi zakat, infat dan sodaqoh.

"Jika saya diberi kepercayaan untuk jadi kepala daerah, saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan. Dan saya juga berjanji akan menyedekahkan seluruh gaji saya selama menjadi kepala daerah nantinya kepada kaum dhuafa, anak yatim dan fakir miskin," ucapnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah yang bertema hukum dan faedah zakat bagi Islam oleh ustadz H Fauzan Nasution yang didatangkan oleh panitia dari Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Selanjutnya Acara  ditutup sekitar jam 23.30 Wib dengan acara penyereahan zakat, infaq dan sodaqoh yang berbentuk beras, kain sarung dan sejumlah uang tunai kepada 129  para kaum dhuafa dan fakir miskin dengan jumlah rata-rata 7 orang per desa se-Kecamatan Simangambat. (kadek9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar