Pemkab, Polres dan BNNK Tapsel Tes Urine Sopir Bus di Jalinsum 1 Positif Narkoba

Redaksi: Kamis, 14 Juni 2018 | 22.20.00

Petugas gabungan dari Pemkab Tapsel, Polres Tapel dari Sat Narkoba, Kodim 0212/TS dan BNNK Tapsel saat menggelar razia tes urin rerhadap sopir bus angkutan umum di Jalinsum Pal XI Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel, Selasa (12/6). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Mengantisipasi pengunaan narkoba oleh pengemudi kenderaan umum saat membawa penumpang yang akan mudik menghadapi lebaran Idul Fitri 1439-H, tim gabungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel), Polres Tapsel dari Satuan Narkotika dan Obat (Sat Narkoba), Kodim 0212/TS dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tapsel, menggelar razia tes urin rerhadap sopir bus angkutan umum di jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Pal XI Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapsel, Selasa (12/6).

Razia narkoba bagi sopir angkutan umum yang melintas membawa penumpang mudik di Jalinsum tersebut, dipimpin Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu didampingi Kapolres Tapsel AKBP. M Iqbal, SIK, M.Si, Kepala BNNK Tapsel AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar dan perwakilan Kodim 0212/TS.

Pengecekan yang dilakukan kepada 45  sopir bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP). Satu orang yang dinyatakan positif narkoba dan oleh petugas disarankan untuk tidak mengemudi karena ditakutkan berpengaruh terhadap keselamatan bus dan penumpang.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu didampingi Kapolres Tapsel, AKBP M Iqbal mengatakan, pemeriksaan tes urin ini merupakan bentuk kepedulian yang diberikan pihaknya kepada para pemudik. 

Di mana, pihaknya berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan kenyamanan kepada para pemudik hingga tiba di tempat tujuan.

“Ini bentuk keseriusan dari pemerintah terhadap para pemudik yang sasarannya sopir untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yang disebabkan karena terindikasi pengemudi yang positif narkoba dan kondisi badan yang kurang sehat,“ kata Bupati.

Ditambahkannya, selain tes urine, petugas juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Tapsel melakukan pengecekan kesehatan para pengemudi. 

Pengecekan ini pun dilakukan dengan tetap mempertimbangkan arus mudik supaya tidak menghalangi perjalanan dari bus yang akan mengantarkan para pemudik.

“Kita akan terus melakukan tes urine selama lebaran. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh kondisi dari pengemudi dan kegiatan ini kita lakukan guna memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas kepada para pengemudik,“ ucapnya.

Sementaraq Kapolres Tapsel M Iqbal, SIK, M.Si mengatakan, dari 45 supir bus angkutan umum yang dilakukan tes urine, pihaknya menemukan seorang supir yang positif menggonsumsi methamfetamin. 

Guna penyelidikan lebih lanjut, pihaknya menyerahkannya ke BNNK Tapsel untuk dilakukan rehabilitasi.

“Dari pemeriksaan 45 supir, salah seorang diantaranya positif mengonsumsi methamfetamin. Alhasil, kita pun menyerahkannya ke BNNK Tapsel untuk proses dan dilakukan dilakukan rehabilitasi,“ jelas Kapolres.

Ditambahkannya, dari hasil temuan tersebut, pihaknya juga telah memanggil direksi angkutan umum yang supirnya positif menggunakan methafetamin. Hal itu bertujuan supaya pihak direksi dapat mengganti supir guna membawa armada yang berisi penumpang arus mudik.

“Kita sudah memanggil direksi angutan untuk mengganti supir armada yang mengangkut penumpang mudik dan kita menyarankan, armada bisa kembali beroperasi jika supirnya diganti,“ tutur Kapolres.

Pantauan di lokasi, puluhan armada angkutan umum yang melintasi di Jalinsym Pal XI Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel dihentikan para petugas. Selanjutnya, para supir di tes urine sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar