Pj. Walikota Bersama Kapolres Padangsidimpuan Tinjau Kesiapan Pos PAM Lebaran

Redaksi: Jumat, 08 Juni 2018 | 01.18.00

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM bersama Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, SIK, MH saat meninjau kesiapan pos PAM Idul Fitri 1439 H di sejumlah tempat di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2018, Rabu (6/6). (Foto: Riswandy)


PADANGDIMPUAN| HARIAN9
Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM bersama Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, SIK, MH meninjau kesiapan pos Pengamanan (PAM) Idul Fitri 1439 H di sejumlah tempat di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2018, Rabu (6/6).

Dalam peninjauan tersebut selain melihat sarana dann prasarana pos PAM, Pj. Walikota juga melakukan diskusi dengan Kapolres dan para petugas jaga di pos-pos masing-masing yang disinggahi.

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM menyampaikan, Kota Padangsidimpuan yang merupakan daerah lintasan datang dan pergi arah tujuan untuk wilayah timur, Barat, Utara dan Selatan, tentunya pasti akan dipadati oleh kenderaan roda dua dan empat. untuk itu kesiapsiagaan harus ditingkatkan.

Saat ini jalan lintas menuju Kota Padangsidimppuan dari arah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan maupun sebaliknya yang merupakan lintasan mudik lebaran, sering terjadi kemacetan dibeberapa titik, utamanya daerah Simirik yang hamper setiap hari tidak bisa dihidari kemacetannya.

Menurutnya ada beberapa hal yang menyebabkan kemacetan yang terjadi, diantaranya banyaknya truk-truk besar yang melintas, insfrasruktur jalan yang masih banyak berlobang, faktor geografis jalan yang banyak tikungan dan turunan tajam, serta beberapa faktor lainnya.

Kendala lainnya, banyaknya kenderaan pribadi yang datang dari luar daerah  masuk ke Kota Padangsidimpuan untuk mudik lebaran Idul Fitri tahun 2018 dan itu bisa dilihat dari jenis dan nomor polisi kenderaan yang melintas.

“Problemnya, pelintas memanfaatkan jalur singkat melewati Kota Padangsidimpuan untuk mudik lebaran, sehingga di jalur lintas Kota Padangsidimpuan sering menimbulkan kemacetan di di beberapa ruas jalan, d Kota Padangsidimpuan,“ jelasnya.

Pj. Walikota berharap petugas di pos-pos jaga PAM Idul Fitri daalam rangka Operasi Ketupat Toba 2018 dapat segera mensosialisasikannya kepada pengemudi mobil yang datang maupun pergi dari dan ke luar daerah, jika ingin melintas di jalur Kota Padangsidimpuan

“Saya juga mengingatkan petugas untuk memberikan kesempatan kepada para pengemudi untuk bisa melakukan rehat (ngaso) jika melakukan perjalanan jauh dan untuk Kota Padangsidimpuan dapat memanfaatkan pos-pos PAM yang ada, karena disana petugas juga menyiapkan tempat istirahat,“ katanya.

Sementara Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, SIK, MH mengatakan dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2018 dalam menhadapi Idul Fitri 1439 H, Polres Kota Padangsidimpuan menyiapkan 4 pos PAM lebaran masing-masing di Pijor Koling, Hutaimbaru, Batunadua dan pos Kota Padangsidimpuan   

“Saya mengimbau bagi para pemudik baik yang menggunakan kenderaan roda dua maupun angutan umum roda empat dan kenderaan pribadi, untuk hati-hati saat mudik, terutama jika melintas di titik-titik rawan macet dan longsor,“ himbau Kapolres. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar