Prajurit TNI Peringati Nuzulul Qur’an 1439 H di Markas Indobatt Lebanon

Redaksi: Kamis, 14 Juni 2018 | 12.10.00

(Foto: Pen Konga XXIII-L/Unifil)


LEBANON| HARIAN9
Segenap Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Forces In Lebanon) atau Indonesian Battalion (Indobatt), beberapa waktu lalu memperingati peristiwa penting bagi umat Islam di bulan Ramadhan, yaitu Nuzulul Qur’an.

Peringatan Nuzulul Qur’an 1439 H di Rubb Hall Markas Indobatt UN Posn-7-1 Lebanon Selatan berlangsung sederhana dan khidmad, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Kopda Mar Suhanto serta ceramah agama oleh Serka Hijrah.

Acara yang mengusung tema “Melalui Hikmah Puasa dan Nuzulul Qur’an Tahun 1439 H/2018 M Sebagai Sarana Pemantapan Iman dan Taqwa Prajurit TNI Yang Berjiwa Ksatria, Loyal, Profesional, Modern dan Manunggal Dengan Rakyat” dihadiri pula oleh Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P., Wadan Satgas Indobatt Mayor Inf Didiet Trilaksono, para perwira dan anggota jajaran Satgas Indobatt serta tamu undangan.

Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto dalam sambutannya menyampaikan antara lain bahwa Al Qur’an merupakan penuntun dan petunjuk bagi kehidupan sesuai dengan firman Allah SWT ‘sesungguhnya Al Qur'an memberikan petunjuk kepada jalan yang lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal sholeh bahwa bagi mereka adalah pahala yang besar’.

“Kitab suci Al Qur’an itu adalah pedoman hidup umat muslim dan segala sesuatu didalam Al-Qur’an itulah pedoman selama di dunia dan akhirat. Kita harus bisa membaca Al Qur’an dengan cara yang baik dan benar serta mengamalkannya,” ujar Letkol Inf Arfan Johan Wihananto.

Pada kesempatan tersebut, Dansatgas  Indobatt memberikan hadiah kepada para pemenang dalam berbagai lomba yang dilaksanakan oleh Satgas Indobatt, antara lain Kopda Mar Suhanto, juara pertama MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) Intern Indobatt; Kapten Inf M. Aminullah, S.H., M.H., juara pertama MHQ (Musabaqoh Hifdzil Qur'an) intern Indobatt, Serda (K) Cindy Mervitawati juara pertama MHQ Wanita dan Pratu Hadi Sudjipto juara pertama Adzan.

Acara dilanjutkan dengan Khatam Al Qur’an yang dipimpin oleh Kapten Inf M. Aminullah, SH, M.H yang juga peraih juara pertama Musabaqoh Hifdzil Qur'an (MHQ) intern Indobatt dan diikuti oleh seluruh personel yang beragama muslim.

Peringatan Nuzulul Qur’an 1439 H ditutup dengan Tausiah yang disampaikan oleh Serka Hijrah, dengan judul ‘Al Qur'an mengandung ajaran luhur dan pedoman dalam hidup’. 

Dalam ceramahnya menyampaikan antara lain bahwa keistimewaan Nuzulul Qur’an adalah karena Allah SWT menurunkan mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW yang menjadi pedoman hidup umat Islam yaitu Al Qur’an. (Autentikasi: Perwira Penerangan Konga XXIII-L/Unifil, Lettu Inf Yandra HP/WA 08128370478).rel/03.
Editor: Madan H Siregar




Komentar