Prajurit Yonif 123/RW Kembali Dari Penugasan Menjaga Perbatasan RI-Malaysia

Redaksi: Sabtu, 09 Juni 2018 | 22.03.00

Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari, SIP memberikan ucapan selamat datang kepada prajurut TNI dari Yonif 123/RW yang kembali dari tugas Satgas Pamtas di perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan, bertempat di lapangan Markas Yonif 123/RW jalan Imam Bonjol Padangsidimpuan, Kamis (7/6). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Sebanyak 350 prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Batalyon Infrantri (Yonif) 123/ Raja Wali (RW) yang tergabung dalam Satuan Tugas Penjaga Perbatasan (Satgas Pamtas) kembali dari penugasan selama 9 bulan di perbatasan Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan, disambut Penjabat (Pj). Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM, di lapangan Markas Yonif 123/RW jalan Imam Bonjol Padangsidimpuan, Kamis (7/6).

Upacara penyambutan dipimpin Inspektur Upacara (Irup) Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM, Komanda Upacara (Dan Up) Danyonif 123/RW Letkol. Inf. Akbar serta Perwira Upacara (Pa Up) Letda Inf Edy S. Ritonga yang menjabat sebagai Komandan Pleton (Danton 1) Kompi Bantuan 123/RW.

Penyambutan juga dihadiri Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari, SIP, Kasi Intel Rem 023/KS mewakili Danrem 023/KS, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya S.IK, MH, Kapolres Tapsel AKBP Mhd. Iqbal S.IK, M.Si, Kapolres Madina AKBP Irsan Sinuhaji S.IK, Danden C Brimobdasu Sipirok AKBP Bravo Asena, Sekda Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM,  Kajari Padangsidimpuan, pimpinan OKP, serta tamu undangan lainnya.

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh prajurut TNI yang kembali ke kampung halaman di Kota Padangsidimpuan  usai menjalani tugas Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia di Kalimantan. Dengan berakhirnya tugas Pamtas, diharapkan kepada seluruh prajurit untuk fokus kepada tugas pokok satuan.  

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kota Padangsidimpuan saya memberikan apresiasi penghargaan kepada seluruh prajurut TNI yang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif 123/ RW karena, selain telah membawa nama baik satuan, juga nama baik daerah. Prestasi yang sudah diraih agar dapat di pertahankan,“ ujar Sarmadan.

Sarmadan juga meminta agar seluruh prajurit yang baru pulang dari penugasan memanfaatkan waktu sebaik mungkin karena masih banyak tugas dan tanggung jawab yang akan dibebankan dan berpesan agar prajurit tetap mengadakan latihan rutin untuk meningkatkan kemampuan tempur.

“Terima kasih atas pengabdinnya dalam menunaikan tugas Negara serta mengamankan daerah perbatasan RI-Malaysia dengan baik dan dalam waktu dekat ini kita akan melaksanakan Pilkada di daerah Kota Padangaidimpuan dan Gubernur Sumut, saya harapkan TNI dapat membantu dan tetap profesional dalam melaksanakan fungsinya,” katanya.

Sementara Darem 023/KS yang diwakili oleh Dandim 0212/TS Letkol ARM Azhari, SIP juga mengucapkan selamat kepada seluruh prajurit yang telah kembali sebagai Satgas Pamtas RI-Malaysia selama kurang lebih 9 bulan.

“Selamat datang kembali di Mako Yonif 123/RW, setelah kembali saya harapkan laksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing dan saya harapkan kita sama-sama menjaga sinergitas TNI-Polri yang sudah berjalan selama ini, karena dalam waktu dekat tugas kita semakin banyak dan samakin sulit,“ pungkas Dandim.

Danyonif 123/RW Letkol. Inf. Akbar mengaku, selama bertugas, prajurit Batalyon yang dipimpinnya tidak hanya menjalankan tugas pengamanan. Namun juga misi sosial seperti mengajar di sekolah, memberikan keahlian beladiri buat para pemuda, membantu pertanian dan memberikan pelajaran agama.

“Pengalaman tugas adalah guru yang terbaik. Banyak suka duka yang terjadi selama di sana.Tapi dengan berbaur dengan masyarakat setempat, kami jadi merasa tidak terlalu sepi kendati jauh dari keluarga,” katanya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar