Archive Pages Design$type=blogging$count=22

Batalkah Wudhu' nya Ketika Suami - Isteri Bersentuhan??

Hukum bersentuhan kulit antara suami-istri “apakah membatalkan wudhu atau tidak”, ada beberapa pendapat fuqaha (ulama ahli fiqh) dal...




Hukum bersentuhan kulit antara suami-istri “apakah membatalkan wudhu atau tidak”, ada beberapa pendapat fuqaha (ulama ahli fiqh) dalam masalah ini.

Sebelumnya hal yang perlu diketahui, bahwa hukum ini umum, tidak terbatas terhadap istri saja, akan tetapi mencakup seluruh wanita yang halal dinikahi, termasuk istri anda sendiri.

Pertama  ada pendapat Imam Syafi’i yang mengatakan bahwa persentuhan dua kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram akan membatalkan wudhu secara mutlak, baik persentuhan itu disertai syahwat atau tidak. Menurut Imam Syafi’i ayat 43 surat al-Nisa’ itu tidak berarti “menyentuh” dengan arti bersenggama (jima’). Kesimpulannya, persentuhan kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram tanpa ada penghalang akan membatalkan wudhu, baik disertai syahwat atau tidak.Dan pendapat yang terakhir adalah pendapat Imam Malik yang mengatakan bahwa persentuhan dua kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram tidak membatalkan wudhu selama itu tidak disertai syahwat.

pendapat kedua, Imam Abu Hanifah berpendapat bahwa bersentuhan kulit antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram (halal untuk dinikahi) tidak membatalkan wudhu, baik persentuhan kedua kulit itu didorong oleh syahwat atau tidak, dengan alasan bahwa firman Allah dalam surah al-Nisa’ ayat 43 :

“Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan (maka wajib bersuci)”

Hal "telah menyentuh perempuan" itumengandung arti khusus, yaitu bukannya semata-mata bersentuhan kulit, melainkan jima’ (bersenggama). Oleh karena itu tidak batal kalau terjadi persentuhan kulit saja, dan batal kalau terjadi jima’.

Dan beliau juga menggunakan dalil hadis dari Aisyah ra.: “bahwa Nabi saw. pernah mencium para istrinya, kemudian beliau langsung salat tanpa berwudhu terlebih dahulu. Diriwayatkan juga bahwa Nabi saw. telah melakukan salat di dalam rumah Aisyah yang sempit, pada waktu itu Aisyah berbaring di dekat beliau. Ketika Nabi sujud tersentuhlah kaki Aisyah.


Sekarang tinggal kita menyesuaikan sendiri, dengan pendapat mana merasa lebih cocok. Ketiga-tiganya sama-sama mempunyai dasar, baik Qur’an dan hadis. (net)

Dalam rangka berbagi Ilmu dan menambah amalan kita, kiranya dapat dibagi lewat fb, twiter dan lainnya. Indahnya berbagi. (red).





Baca Juga: 
Nama

Aceh Artikel Berita Bola Budaya Daerah Deli Serdang Dunia Ekbis Energi Headline Hukum Industri International Jambi Jember Karo Kesehatan Komunitas Korupsi Kriminal Labuhanbatu Labura Langkat Lifestlye Madina Market Medan Metro Nasional Nias Otomotif Padangsidimpuan pakpak barat Palas Paluta Parapat Pariwisata PAT Pendidikan Peristiwa Phakpak Barat Pilkada Politik Profil Singkat puisi Puspen Ragam Relasi RPH samosir Selebritis Seremoni Sergai Sport Statistik Surabaya Tapsel Tebingtinggi Video
false
ltr
item
Mencerdaskan Ummat - harian9.com: Batalkah Wudhu' nya Ketika Suami - Isteri Bersentuhan??
Batalkah Wudhu' nya Ketika Suami - Isteri Bersentuhan??
https://1.bp.blogspot.com/-or6lpZJAe10/WSsNbbB6RlI/AAAAAAAAZZU/1RQVpU47dJMlE52JoS7rdik8QFv1xw3egCLcB/s640/suami.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-or6lpZJAe10/WSsNbbB6RlI/AAAAAAAAZZU/1RQVpU47dJMlE52JoS7rdik8QFv1xw3egCLcB/s72-c/suami.jpg
Mencerdaskan Ummat - harian9.com
https://www.harian9.com/2017/05/batalkah-wudhu-nya-ketika-suami-isteri.html
https://www.harian9.com/
https://www.harian9.com/
https://www.harian9.com/2017/05/batalkah-wudhu-nya-ketika-suami-isteri.html
true
1012135278702199990
UTF-8
Not found any posts Berita Semua Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago