Darmin: Tak Ada Ancaman Ekonomi Di Tahun Politik 2018

Harian 9 author photo
Ilustrasi

JAKARTA| HARIAN9
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Darmin Nasution mengatakan tidak ada ancaman ekonomi di tahun politik (2018). Ia optimistis terhadap perekonomian Indonesia.

“Saya bukan ahli politik, tapi saya tidak melihat adanya ancaman. Saya melihatnya justru menjadi berkah secara ekonomi. Di setiap pemilu, juga akan selalu ada dampak positifnya terhadap ekonomi. Apalagi di 2018 juga akan ada Asian Games,” jelasnya.

Dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia Ke-2, pada Selasa (12/12) di Jakarta, ia juga berbicara mengenai kesejahteraan. Pemerintah mengandalkan 3 (tiga) area besar. Area tersebut adalah pembangunan infrastruktur, kebijakan sektoral, dan perbaikan iklim usaha. 

Hasilnya, ekonomi republik ini tumbuh relatif baik. Kurva tingkat pengangguran, tingkat kemiskinan, dan gini ratio pun melandai.

“Artinya, dalam bahasa ekonomi pembangunan, kualitas perekonomian kita membaik seiring proyeksi ekonomi global,” ujarnya.

Menurutnya, seperti dikutip dari situs Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) transformasi ekonomi perlu menjadi catatan penting karena kontribusi tenaga kerja di sektor pertanian cenderung menurun. 

Membaca situasi tersebut, pemerintah menerbitkan Kebijakan Pemerataan Ekonomi (KPE). Kebijakan ini diinisiasi agar perbaikan kesejahteraan masyarakat dapat berkelanjutan. 

Kebijakan khusus ini menyoroti persoalan lahan, kesempatan, dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

Selain itu, ranah lain yang menjadi perhatian pemerintah adalah birokrasi. Pertama, penyelesaian tata niaga dan larangan terbatas (lartas). Kedua, mengenai kebijakan percepatan pelaksanaan berusaha.

Keseluruhan reformasi struktural tersebut diarahkan untuk keberhasilan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar Anda

Berita Terkini