Mesjid Raya Al-furqan Aceh Tamiang Sudah layak Sediakan Kotak Penitipan

Harian 9 author photo


Oleh: JASMANI
Mesjid Raya Al-furqan merupakan salah satu mesjid tertua di Kabupaten Aceh Tamiang dan telah banyak meninggalkan pesan dan kesan khususnya bagi warga kota Kualasimpang, mesjid raya kebanggaan masyarakat kota kecil tersebut tampak gagah berdiri di pusat kota, tepatnya di jalan Letjend Suprapto Kecamatan Kota Kualasimpang Kabupaten Aceh Tamiang, tampak mesjid diapit oleh bangunan pertokoan milik warga etnis Tionghoa sehingga tampak lokasi mesjid menjadi sempit dan tidak ada areal perluasan pembangunan mesjid.

Semenjak tahun 2014 hingga sekarang ini mesjid tersebut terus berlanjut dalam pembangunan, serta tatanan arsitektur fisik lama telah berganti dengan wajah bangunan yang baru, setelah renovasi pada bentuk bangunan baru menjadi indah dan mempersona, dan lantai mesjidpun kini beralaskan batu pualam Granit yang memancarkan kesejukan ketika kening menyatu dengan lantai saat sujud dalam sholat Lima Waktu.

Salah seorang jemaah shalat Jum'at, Idris (63), warga Kampung Perdamaian Kecamatan Kota Kualasimpang kepada Harian9, Jum'at (08/12/17) mengatakan, "setiap harinya ketika panggilan suara Azan melalui pengeras suara saya selalu shalat di mesjid ini", ucapnya.

Dijelaskannya, "Terkait areal lokasi mesjid sempit karena tidak adanya sedikitpun sisa areal atau halaman mesjid yang dapat digunakan, lihat saja dinding kiri dan kanan mesjid hanya setengah meter saja yang membatasi dengan bangunan toko masyarakat, jadi untuk mencukupi kapasitas jamaah, karena tidak ada lokasi pelebaran, maka solusinya mesjid dibangun menjadi Dua lantai", jelas Idris.

"Begitu pula lahan parkir kecil hanya sebahagian kendaraan jamaah yang tertampung di lahan parkir mesjid, apalagi saat shalat Jum'at, harap maklum saja pengguna jalan tidak diperbolehkan melintasi jalan di depan mesjid karena dipenuhi kendaraan jamaah Jum'at, maka ditutup sementara ketika masuk waktu ibadah Jum'at," ujarnya.

Menurut Idris, "Satu hal ada yang masih kurang pada mesjid Al-furqan ini, mesjid sudah sangat indah ketika  dipandang, namun kotak penitipan sandal dan sepatu belum ada disediakan, panitia mesjid Al-furqan sudah selayaknya menyediakan kotak penitipan sandal dan sepatu  serta kunci pengamannya demi untuk kenyamanan para jamaah, dan dengan dilengkapi kamera CCTV yang mengarah ke kotak tersebut berguna untuk pemantauan"

"Menurut saya itu penting agar para jamaah ketika beribadah shalat benar - benar khusyuk dalam shalatnya dan tidak terbawa sandal atau sepatu didalam fikirannya saat sedang shalat". Ujar Idris disertai candaan dalam ucapannya. (Penulis adalah Wartawan Harian9)

Mesjid Raya Al-furqan Kota Kualasimpang. (Foto : Jasmani)
Komentar Anda

Berita Terkini