Posko Info Cuaca BMKG Antisipasi Cuaca Ekstrim di Pelabuhan Merak

Harian 9 author photo
Untuk mengantisipasi cuaca ekstrim pada Natal dan Tahun Baru, BMKG dirikan posko untuk memberikan informasi cuaca di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni, Minggu (24/12).  (Foto: bmkg)

MERAK| HARIAN9 
Untuk mengantisipasi cuaca ekstrim pada Natal dan Tahun Baru, BMKG dirikan posko untuk memberikan informasi cuaca di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni, Minggu (24/12). 

Posko info cuaca BMKG ini beroperasi sejak 21 Desember 2017 hingga 01 Januari 2018. Posko ini dilengkapi dengan mobil monitoring yang ditempatkan dekat dengan sandaran kapal di pelabuhan Merak Banten.

Menurut Ramlan, koordinator Posko BMKG Pelabuhan Merak, sejauh ini tidak terjadi cuaca ekstrim yang membahayakan aktivas pelayaran, seperti Siklon Tropis Dahlia yang telah mengakibatkan pelabuhan merak ditutup satu hari karena terendam banjir pada beberapa waktu lalu.

Didirikannya Posko tersebut bertujuan untuk memberikan informasi cuaca, angin dan gelombang laut disekitar jalur penyeberangan Selat Sunda agar masyarakat maupun pihak otoritas pelabuhan lebih dini mengantisipasi jika terjadi cuaca ekstrem baik di sekitar jalur penyeberangan maupun disekitar Pelabuhan Merak, Bakauheni, Bandar Lampung, Cilegon dan Serang. Selain itu, Posko tersebut juga memantau aktivitas gempa dan tsunami di wilayah tersebut.

Unit mobil pada posko dilengkapi dengan monitor MEWS, radar, satelit, dan modeling. Informasi yang diberikan disebarkan melalui group whatsapp yang melibatkan antara lain pihak pelabuhan, TNI/Polri, Badan Penaggulangan Bencana Daerah/Nasional. (bmkg/03)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini