RSU Mitra Medika Berusaha Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Harian 9 author photo
Dirut RSU Mitra Medika Berdampingan Dengan wakil Walikota Medan. (Foto: Jaenal Abidin)


MEDAN| HARIAN9
Direktur Utama dan dewan komisaris PT Mitra Medika Insan,H Iman Muhammad, SE Skom MM Mkes mengatakan, dengan konsep One Stop Hospital, Rumah Sakit Umum (RSU) Mitra Medika Medan Amplas ingin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kota ini. 

Hal tersebut bertujuan agar masyarakat mempercayakan pelayanan kesehatannya tidak lagi di RS luar negeri,katanya pada saat peresmian pembukaan RSU Mitra Medika Medan Amplas, Selasa (12/12/2017).

Ditambahkannya, bahwa manajemen berkomitmen memberikan pelayanan lengkap dan prima kepada masyarakat dilengkapi fasilitas pendukung, seperti kolam renang.

"Mengingat kondisi masyarakat sekarang yang ingin mendapatkan pelayanan terbaik, maka kita lengkapi RS dengan fasilitas terkini dan menjadi one stop hospital sehingga pasien tidak perlu lagi berobat ke luar negeri," ujarnya.

Dikatakannya, konsep tersebut merupakan sesuatu yang baru untuk RS di Kota Medan. Kesadaran masyarakat untuk memperoleh pelayanan lengkap dan prima menjadi kuncinya. 

Hal ini sebagai bentuk dukungan RS pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang rencananya akan mencapai universal health coverage (UHC) pada 2019.

"Kita ingin buktikan Medan bisa menjadi pusat kesehatan, bukan hanya Jakarta karena kita bertetangga dengan Malaysia sehingga menjadi tantangan bagi RS di Medan. Kami akan terus bergerak meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," tuturnya.

Untuk kedepannya, pihaknya berusaha membuka unit-unit lainnya di Kota Medan dan daerah lainnya. Disebutkannya, segera dibangun Grand Mitra Medika berlantai 22 di Jalan S Parman.

Selanjutnya, Direktur RSU Mitra Medika Amplas, dr H Sjahrial R Anas MHA mengatakan, pihaknya akan berusaha sebaik mungkin memberi warna baru bagi RS di Sumatera Utara umumnya dan Medan khususnya. RS hadir bukan untuk bersaing, tetapi memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan.

"Di sini kami juga melancarkan program pemerintah kota agar pelayanan kesehatan masyarakat merata sampai pelosok Kota Medan," jelasnya.

Pengamat kesehatan, Prof dr Chairuddin P Lubis DTM&H SpA (K) menambahkan, RSU Mitra Medika diharapkan bisa membuat hubungan antara dokter dan perawat bidan menjadi mitra kerja. Tidak lagi sebagai anak buah dokter.

"Di London, kalau perawat bilang dokter belum boleh masuk, maka dokter tidak berani masuk, kalau di sini kan tidak. Maka jadikan bidan/perawat itu mitra kerja dokter," katanya.

Pada Pembukaan RS Mitra Medika Amplas ini, dilakukan oleh Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution. Menurutnya, peningkatan derajat kesehatan Kota Medan terus dimaksimalkan. 

Sebanyak 59 RSU dan 19 RSK, baik pemrrintah maupun swasta telah berdiri di Medan ditambah puskesmas sebagai indikator Medan menjadi kota sehat.

"Saya akui pada beberapa RS memang minim fasilitas, tetapi kita harapkan terus berkembang. Diharapkan RS ini semakin aktif dan menolong pasien kurang mampu dan tidak membedakan pasien dari kalangan manapun," pungkasnya.

Bertepatan pembukan RSU Mitra Medika juga memberikan bantuan 1000 kartu BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu yang dibantu iuran bulanannya. 

Tidak ada jangka waktu, namun manajamen RS terus mengevaluasi penerima bantuan pada tahun mendatang setelah program tersebut berjalan. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar 






                                                                                                           
                                                                                   


Komentar Anda

Berita Terkini