Trash Can, Tong Sampah Elektrik Karya Siswa MAN 1 Surakarta

Harian 9 author photo
Trash Can, Karya inovatif ini meraih juara I tingkat Madrasah Aliyah (MA) untuk Kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot). (Foto: kemenag)

SERPONG| HARIAN9
Tidak semua orang memiliki kesadaran membuang sampah di tempatnya, meski sudah tersedia. Hal ini menjadi perhatian dua siswa MAN 1 Surakarta untuk mengkreasi Trash Can Jaman Now (Tong Sampah Jaman Kini). 

Kedua siswa tersebut adalah Syaifullah Yusuf Ramadhan dan Fatih Abdullah. Trash Can Jaman Now ini diikutkan dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2017, Kamis (23/11) lalu di ICE BSD City, Serpong Tangsel Banten. 

Karya inovatif ini bahkan meraih juara I tingkat Madrasah Aliyah (MA) untuk Kategori Rancang Bangun Mekanika (Discovery Robot).

“Trash Can Jaman Now adalah tong sampang. Biasanya tong sampah itu ada tutupnya. Orang malas buang tong sampah karena harus buka dan menutup tutup tong sampah. Kini kemasalan tersebut sudah tidak bisa jadi alasan lagi,” tutur Syaifullah saat mempresentasikan Discovery Robotnya.

Ditambahkannya, Trash Can Jaman Now, dilengkapi sensor yang mampu membuka dan menutup kembali tutup tong sampah secara otomatis. 

Begitu seseorang mendekati dan akan membuang sampah, maka tutup tong sampah tersebut membuka secara otomatis dan kemudian menutup setelah sampah masuh tong.

Selain itu, tong sampah ini dilengkapi dua lampu led indikator dan 1 buzzer sebagai indikator volume, penuh atau belum. Ketika sudah penuh, maka tutup sampah tidak akan terbuka secara otomatis lagi.

“Trash Can Jaman Now ini biaya  produksinya tidak lebih dari 400 ribu. Bahkan mungkin bisa lebih murah lagi,” pungkasnya.

Kompetisi Robotik Madrasah 2017 diikuti 83 tim. Sebanyak 18 tim adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk Kategori Discovery Robot. Selain itu, ada 17 tim siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk kategori mobil ekspedisi, dan 13 tim MTs untuk Discovery Robot. 

Ada juga 17 tim Madrasah Aliyah (MA) untuk kategori Self-Driving Car dan 18 tim MA untuk kategori Discovery Robot.

Kompetisi ini berlangsung sehari, dari pukul 08:00 - 17:00 WIB di Foyer Hall 2 ICE BSD Serpong. (Kemenag/03)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini