Akhiri Masa Jabatan, Walikota Andar Amin Harahap Terharu Minta Maaf Kepada Warga

Harian 9 author photo
Walikota Padangsidimpuan periode 2013-2018 Andar Amin Harahap SSTP, M.Si memberikan sambutan akhir masa jabatan sambutan pada rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Padangsidimpuan di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Padangsidimpuan, Rabu (3/1). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Suasana haru menyelimuti wajah orang nomor 1 selama lima tahun di Kota Padangsidimpuan Andar Amin harahap, SSTP, M.Si saat memberikan sambutan pada Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangsidimpuan dengan agenda penyampaian pengumuman akhir masa jabatan dan usulan pemberhentian Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan, Periode  2013-2018, berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Padangsidimpuan, Rabu (3/1).

Paripurna dipimpin  Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan,SH didampingi Wakil Ketua Edi Jurianto, serta dihadiri 28 anggota DPRD Kota Padangsidimpuan, Sekdakota Drs. Zulpeddi Simamora, MM, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkoominda) Kota Padangsidimpuan, pimpinan SKPD dilingkungan Pemko Padangsidimpuan, sejumlah tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Sambutan yang disampikan Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si tanpa dihadiri Wakil Walikota Mhd. Isnandar Nasution, S,Sos tanpa alasan yang jelas tersebut merupakan sambutan terakhir dirinya dalam sebagai Walikota Pdangsidimpuan setelah 5 tahun memimpin Kota Padangsidimpuan.

Dengan raut wajah teduh, pria yang akan mengikuti perhelatan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tahun 2018 tersebut mengenakan kemeja warna coklat dan meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kota Padangsidimpuan, karena selama kepemimpinannya belum sempurna dalam melaksanakan pembangunan di Kota Padangsidimpuan.

“Saya sudah 5 tahun menjabat sebagai Walikota, tentu masih ada hal yang belum sempurna dan belum saya selesaikan. Untuk itu saya mohon maaf kepada masyarakat apabila kepemimpinan saya belum sesuai harapan,“ kata Andar sambil terisak.

Meski begitu, Padangsidimpuan ia mengaku telah melakukan ikhtiar maksimal untuk melaksanakan pembangunan walaupun dengan anggaran dan kebijakan yang terbatas oleh kewenangan. Oleh karena ikhtiar tersebut, banyak program yang dicitakan juga berhasil dengan baik.

Sambil berurai air mata, Andar memberikan amanat kepada siapapun yang kelak menggantikan dirinya sebagai Walikota Padangsidimpuan pada Pilkada serentak Kota Padangsidimpuan tahun 2018 mendatang.

“Saya bersama keluarga menyampaikan maaf apabila  ada yang salah selama saya memimpin Kota Padangsidimpuan dan terima kasih kepada tteman-teman mitra di Legustatif serta teman wartawan media massa yang telah mendukung selama masa kepemimpinannya  5 tahun, berkaitan dengan apa yang telah dikerjakan dan apa yang telah kita raih. Tentu semua ini ada saran dan perbaikan,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH menyampaikan, sesuai Pasal 78 ayat 2 UU No 23 tahun 2014 dan pada Pasal 79 tentang pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna dan diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada Menteri melalui Gubernur, untuk mendapatkan penetapan pemberhentian, mengingat Kepala Daerah diusulkan pemberhentiannya paling lambat 30 hari sebelum akhir masa jabatannya.

“Masa Jabatan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan atas nama Andar Amin Harahap, SSTP, M.Si dan Mhd. Isnandar Nasution, S.Sos berakhir pada tanggal 4 Januari 2018,“ kata Taty.

Sebelum Paripurna ditutup, Pimpinan Rapat, Taty Aryani Tambunan mengharapkan pengumuman ini dapat segera ditindaklanjuti ke Kementrian Dalam Negeri, melalui Gubernur Sumut sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

“Kami juga berterima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota Kota Padangsidimpuan yang telah memberikan sumbangsihnya selama menjabat selama periode 2013-2018, semoga apa yang telah dilakukan untuk masyarakat Kota Padangsidimpuan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT,” pungkasnya sambil menutup sidang. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

              



  

Komentar Anda

Berita Terkini