Babinsa Bersama PPL Desa Kencong Dampingi Pok Tani Tanam Refugia

Harian 9 author photo


JEMBER| HARIAN9
Tanaman dengan bunga warna warni bisa dikatakan dengan jenis refugia seperti bunga matahari, bunga kertas dan lain-lain yang cenderung disukai oleh serangga, hal ini menjadikan bunga-bunga tersebut sebagai salah satu pelindung bagi tanaman padi dari serangan hama jenis serangga.

Untuk itu seperti anjuran dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Kencong  Faisol yang hadir bersama Babinsa Koptu Jamuhur dikelompok Tani Sumber Hidup yang sedang menanam refugia seputar dilahan sawahnya.

Desa Kencong merupakan salah satu andalan produksi pertanian atau bagian dari lumbung padi di Kabupaten Jember pertaniannya harus selalu terkawal dan terhindar dari hama tanaman yang sampai mengganggu panen petani. Tegas Danramil 0824/18 Kencong Kapten Kav Bambang Susiono.

Untuk itu Kav Bambang Susiono sudah memerintahkan kepada seluruh Babinsa jajarannya untuk lebih fokus mengawal pertanian melaksanakan pendampingan bersama PPL sehingga produksi pertanian saat musim panen nanti dapat optimal.

Suharjo salah satu anggota kelompok tani saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pola pendampingan yang sudah berjalan ini benar-benar mampu meningkatkan produksi pertanian di kelompok taninya.

Karena dari pengolahan lahan hingga panen kita aktif diberikan arahan-arahan tehnis oleh PPL bersama Babinsa sehingga kita secara bertahap mampu menjadi petani modern, dengan pengolahan menggunakan mesin pertanian, yang terbukti lebih efektif.

Sementara itu Komandan Kodim 0824 Jember letkol Inf Arif Munawar, SE,MM  dalam konfirmasinya menyampaikan terima kasih kepada jajaran yang telah melaksanakan pendampingan pertanian dengan baik, upayta tersebut tentunya dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional.

Upaya-upaya penangkalan hama dengan cara alami seperti itu tentunya saya sangat mendukung sekali karena disamping menambah keindahan lahan persawahan dengan bunga warna-warni diseputar lahan juga sebagai penghalau hama serangga, sungguh merupakan langkah organik dalam mengurangi penggunaaan bahan kimia atau pestisida yang tentunya lebih menyehatkan padi yang dipanen nantinya. (sis24)

  

Komentar Anda

Berita Terkini