Danramil 0824/11 Sumbersari Berikan Materi Wasbang Calon Menwa

Harian 9 author photo
Bertempat di Gedung Alfani FKIP Universitas Muhammadyah Jl Karimata Jember pada Minggu (14/01/2018) Pukul 08.00 WIB dilaksanakan Pembekalan Dasar kepada 40 0rang Calon Resimen Mahasiswa Universitas Muhammadyah Jember. (Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Bertempat di Gedung Alfani FKIP Universitas Muhammadyah Jl Karimata Jember pada Minggu (14/01/2018) Pukul 08.00 WIB dilaksanakan Pembekalan Dasar kepada 40 0rang Calon Resimen Mahasiswa Universitas Muhammadyah Jember.

Pada pelatihan dasar tersebut diberikan materi pembekalan diantaranya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan penyaji materi Danramil 0824/11 Sumbersari Kapten Inf Suharyono yang hadir  bersama Babinsa Serda Rofii dan Serda Suranto.

Dalam materinya yang berjudul 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Kapten Inf Suharyono mengajak adik-adik untuk memahami kondisi Bangsa Indonesia saat ini serta berbagai ancaman manakala kita tidak dapat bersikap bijak dalam pusaran perkembangan situasi akhir-akhir ini.

Berbagai upaya untuk menggulingkan Pancasila sejak tahun 1965 hingga saat ini tentunya masih ada tanda-tanda tersebut di tengah dinamika kehidupan masyarakat modern saat ini.

Perkembangan tehnologi dan informasi menguasai individu-individu masyarakat untuk berpendapat dengan menggunakan media sosial semakin liar hingga berminculan berita-berita bohong (hoax) dan lain-lain yang berhasil mempengaruhi sebagian masyarakat.

Adik-adik mahasiswa apalagi yang sudah tergabung pada Resimen Mahasiswa hendaknya mampu menjadi bagian filter dari kondisi tersebut, untuk itu kita harus memiliki wawasan, kemampuan dan keberanian untuk menangkal minimal dengan  berlaku bijak dalam mengikuti dan menggunakan media yang ada terutama media sosial.

Berbagai upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa seolah melupakan bahwa kita lahir sebagai Bangsa Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika.

Sekali lagi saya mengajak adik-adik  sebagai mahasiswa bagian dari kader-kader pemimpin bangsa hendaknya berperan aktif turut serta dalam mengamankan 4 Pilar Kebangsaan yang sudah menjadi konsensus dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, demi tetap tegaknya kedaulatan NKRI.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar, SE saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danramil Sumbersari serta adik-adik Mahasiswa Calon Menwa, atas terselenggaranya acara tersebut.

Sebagai bagian dari kader-kader generasi Bangsa Indonesia adik-adik memang harus memiliki pemahaman dan kaya wawasan terutama terkait Wawasan Kebangsaan yang banyak mengupas kondisi Bangsa indonesia, hal ini tentunya sebagai upaya kita dalam memantapkan kesiapan generasi muda tersebut sebagai calon pemimpin bangsa.

Pemberian materi Wawasan Kebangsaan tersebut merupakan salah satu program kegiatan satuan dalam membina sumberdaya manusia sebagai bagian dari potensi wilayah, sehingga memiliki kemantapan bela negara dalam menunjang pertahanan nasional. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 







Komentar Anda

Berita Terkini