Jadilah Pioner Kemajuan Di Tengah Masyarakat

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu memberikan sambutan saat menghadiri acara wisuda Sarjana angkatan ke-51 tahun 2018 UMTS Padangsidimpuan  di aula UMTS Jl. Sutan Muhammad Arief Padangsidimpuan, Selasa (23/1). (Foto: Riswandy)



TAPSEL| HARIAN9
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu mengharapkan kepada para sarjana mampu menjadi pioner kemajuan dan agen perubahan di tengah masyarakat serta dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkan di almamaternya, untuk memanfaatkan kepada lingkungan sekitar.

“Kalian harus mampu mengaktualisasikan berbagai ilmu pengetahuan yang telah didapat selama di bangku kuliah,“ ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya, saat menghadiri acara wisuda Sarjana angkatan ke-51 tahun 2018 Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) Padangsidimpuan  di aula UMTS Jl. Sutan Muhammad Arief Padangsidimpuan, Selasa (23/1).

Acara wisuda tersebut dihadiri Rektor UMTS Dra. Muksana Pasaribu MA, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, Ketua DPRD Tapteng Syahrul Pasaribu SE, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Pimpinan Muhammadiyah Tapsel, Wakil Rektor I Dr. Alinapia Harahap, SH, S.Pd, MH, Wakil Rektor II Drs. H. Putori Dongoran MH, Wakil Rektor III Syawaluddin SP, M. SI, ketua dan seluruh anggota senat Mahasiswa UMTS.

Lebih lanjut Bupati Tapsel dua periode ini juga berpesan kepada seluruh wisudawan/wisudawati agar mensyukuri bahwa hari ini satu tahap perjuangan telah selesai untuk menuju dan menghadapi tahapan hari esok yang penuh tantangan.

“Selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati serta mengapresiasi keluarga besar UMTS, khususnya keluarga besar Muhammadiyah dan para orang tua wisudawan/wisudawati yang telah berhasil satu langkah untuk meraih cita-cita. Intinya semangat belajar tidak boleh berhenti. Teruslah belajar, belajar dan belajar,“ kata Syahrul.

Diungkapkannya, selama kepemimpinannya, ia terus berusaha bagaimana para investor bisa masuk ke Tapsel, agar para lulusan Perguruan Tinggi yang berasal dari daerah Tapsel bisa diterima bekerja di perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di Tapsel.

“Harapan saya agar UMTS terus dapat mencetak Sumber Daya Manuia (SDM) yang handal dan menghasilkan lulusan terbaik sehingga kedepan UMTS dapat menjadi salah satu universitas yang bisa mendorong pembangunan untuk menghadapi zaman yang semakin kompetitif ini,“ paparnya.

Sementara itu,Rektor UMTS Dra. Muksana Pasaribu MA, mengatakan, dalam rangka penguatan kualitas lulusan, serta membuka peluang pasar kerja yang lebih luas, hingga saat ini UMTS telah melakukan kerjasama dengan lebih dari 20 lembaga dalam negeri, baik pemerintah maupun swasta di berbagai sektor.

Di samping itu UMTS juga sudah menjalin 5 kerjasama internasional yang saling menguntungkan. 

Untuk itu sebagai tindak lanjut kerjasama yang dimaksud, saat ini mahasiswa UMTS sedang mengikuti kegiatan KK PPL Internasional di Negara Thailand yang kegiatan tersebut juga diikuti puluhan perguruan tinggi negeri maupun swasta.

“Diminta kepada semua mahasiswa yang telah menjalai wisuda itu untuk selalu optimis, ikhtiar dan tawakkal dalam menjalani proses selanjutnya ketika kembali ke masyarakat,“ tegas Muksana.

Adapun jumlah mahasiswa UMTS yang di wisuda Sarjana angkatan ke-51 tahun 2018 sebanyak 290 orang terdiri dari program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 9 orang, Bahasa Inggris 15 orang, PPKn 5 orang, Ekonomi 38 orang, Matematika 10 orang, Biologi 36 orang, Fisika 16 orang, Kimia 14 orang, Bimbingan Konseling 18 orang, Ilmu Administrasi Negara 25 orang, Ilmu Hukum 65 orang, Agroteknologi 25 orang, Peternakan 6 orang dan Pendidikan Agama Islam 8 orang. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar









Komentar Anda

Berita Terkini