Kepala BI Perwakilan Sibolga Kunjungan Kerja Ke Pemkab Tapsel

Harian 9 author photo
Kepala BI Perwakilan Siboga yang juga Deputi Direktur BI Suti Masniari Nasution, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu beserta pejabat Pemkab Tapsel foto bersama usai kunjungan kerja jajaran BI Perwakilan Sibolga ke Pemkab Tapsel, bertempat aula Kantor Bupati Tapsel Dano Situmba Desa Kilang Papan Sipirok.  (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Siboga yang juga Deputi Direktur BI Suti Masniari Nasution melakukan kunjungan kerja, sekaligus memperkenalkan diri sebagai Kepala BI Perwakilan Sibolga yang baru kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) di Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel Dano Situmba Desa Kilang Papan Sipirok, Senin (15/1/2018).

Kunjungan kerja jajaran BI Perwakilan Sibolga untuk yang pertama kalinya ini disambut Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Wakil Bupati Tapsel Ir. H Aswin Efendi Siregar, MM, Sekdakab Tapsel Drs. H. Parulian Nasution, MM, Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tapsel Ir. Hamdan Nasution, para staf ahli Bupati, Asisten dan sejumlah pejabat Tapsel lainnya.

Selain melakukan kunjungan kerja, Indonesia (BI) Kepala BI Perwakilan Siboga Suti Masniari Nasution dan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu menandatangi naskah kerjasama Memorandum Of Understanding (MoU) pembentukan klaster Local Economic Development (LED) Kelompok Batik Tapsel Desa Aek Pining Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BI Perwakilan Sibolga Suti Masniari Nasution mengapresiasi sambutan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu beserta jajaran dan ini merupakan kunjungan pertama ke Pemkab Tapsel sejak ia menjabat sebagai Kepala BI Perwakilan Sibolga.

Ia menyebutkan, dalam kunjungan kerja tersebut, BI-Pemkab Tapsel juga telah menyepakati bersama beberapa agenda terkait pengembangan ekonomi local diantaranya, penandatangan MoU pembentukan klaster LED kelompok Batik Tapsel Desa Aek Pining Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapsel, koordinasi optimalisasi pengembangan ekonomi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tapsel, rencana pembentukan kelompok binaan Kampung Tenun di Sipirok dan koordinasi rencana pembentukan Wira Usaha Bank Indonesia (WUBI) diwilayah kerja BI Sibolga, khususnya di Kabupaten Tapsel.

“ BI Perwakilan Sibolga dan Pemkab Tapsel telah menjalin kerjasama dibidang pengembangan ekonomi local, yang tujuannya untuk mensinergikan sumber daya para pihak dalam rangka pengembangan usaha khususnyya di sector tenun dan batik, serta mendorong peningkatan akses kepada sumber-sumber pembiayaan, “ ujar Suti Masniari.

Ia menyebutkan, adapun ruang lingkup kesepakatan bersama antara lain meliputi kerjasama penelitian, pelatihan, sosialisasi, fasilitasi, pengembangan klaster, pertukaran data dan informasi serta percepatan implementasi pemanfaatan dalam rangka pengembangan usaha khususnya di sector tenun dan batik.

“ BI dan Pemkab Tapsel sepakat untuk mempertegas dan meningkatkan komitmen untuk pengebangan ekonomi local dan batik dan kedua pihak sepakat untuk meningkatkan sinergi dan kerjasama dalam rangka pengembangan batik Tapsel sebagai unsure etnik lokal, “ terang Suti.

Selain itu juga katanya, pengembangan ekonomi local juga diarahkan untuk mendorong perkembangan ekonomi daerah, mencari sumber-sumber ekonomi dan pertumbuhan alternative serta penggiatan ekonomi kreatif berdasrkan nilai-nilai ekonomi local.

“ Diharapkan ke depannya juga dapat membuka lebih banyak kerjasama sejenis antara BI dengan Pemkab Tapsel, sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di kabupaten Tapsel, “ terangnya.

Sementara Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu sangat menyambut baik dan mengapresiasi BI Sibolga atas kepeduliannya untuk pengembangan ekonomi local khususnya di sector tenun dan batik.

“ Tenun Sipirok dan Batik Aek Pining Batangtoru memiliki prosfek cukup baik dalam peninglatan ekonomi masyarakat. Untuk itu perlu upaya-upaya untuk pengembangannya. Dengan adanya kerjasama ini merupakan suatu harapan yang besar bagi Kabupaten Tapsel untuk lebih meningkatkan ekonomi masyarakat, “ ujar Syahrul.

Bupati berharap agar ke depan BI juga dapat memberikan bantuan untuk pengembangan sector lainnya, disamping itu juga BI Sibolga kiranya dapat membantu permodalan sehingga produksi lebih meningkat.

“ Selama ini yang sering jadi kendala adalah masalah permodalan. Kiranya BI juga dapat memperhatikannya, sehingga pengembangan ekonomi local di Kabupaten Tapsel dapat terus berlanjut dan berkembang, “ harap Syahrul.  (Wan9)






Komentar Anda

Berita Terkini