Kodam I/BB Gandeng Bawaslu Sosialisasi Netralitas TNI Di Pilkada

Harian 9 author photo
Pangdam I/BB Mayjen TNI H. Cucu Somantri, S.Sos beri plakat Kodam kepada Ketua Bawaslu Syafrida R. Rasahan. (Foto: Joko Hendro)



MEDAN| HARIAN9
Komando Daerah Militer (Kodam) I/BB bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut menggelar Sosialisasi Netralitas TNI dalam Pilkada 2018 di wilayah Kodam I/BB, Selasa (9/1/2018) sore di Aula Manunggal Lantai V Makodam Jalan Gatot Subroto Km 7, 5 Medan. Salah satu bentuk netralitas yaitu, tidak adanya fasilitas milik TNI yang  dipergunakan untuk kepentingan politik pasangan calon (paslon).

Sosialisasi ini dipimpin oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI H. Cucu Somantri, S Sos  didampingi Kasdam I/BB Brigjen TNI Teuku Beny Firmansyah serta Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R. Rasahan.

Kepada para Danrem, Dandim, Dansat, staf ahli dan  Kabalak, Pangdam I/BB mengingatkan kalau  persoalan netralitas pada Pilkada merupakan hal yang kompleks. Karena itu, Pangdam I/BB  meminta para jajarannya untuk tidak memuat tulisan ataupun komentar mengenai gelaran  Pilkada di media sosial (medsos). 

Selain itu, mantan Kabindasu dan Kasdam I/BB ini meminta jajarannya untuk mewaspadai tamu yang masuk ke asrama  maupun kantor yang memakai atribut kampanye.  "Karena nanti pemikiran orang kita bisa tidak  netral," terang Cucu Somantri yang sebelumnya menjabat Kaskostrad.

Sedamgkan Ketua Bawaslu Syafrida R. Rasahan menegaskan, kalau prajurit TNI aktif tidak memiliki hak pilih dan itu sesuai dengan undang-undang yang ada. Pastikan tidak ada sikap yang kemungkinan dianggap menguntungkan atau merugikan salah satu calon.

Terlebih lagi, di Pilgubsu ada salah satu calonnya yang merupakan bekas pejabat tinggi di TNI AD. "Jangan lagi ada pengistimewaan terhadap mantan pejabat TNI yang terlibat Pilikada. Jangan ada upaya intimidasi calon lain atau masyarakat untuk plih calon tertentu. Bersikaplah selayaknya TNI yang tidak memihak," jelas Syafrida. (HJ9)
Komentar Anda

Berita Terkini