Komplek Perkantoran Bupati Tapsel Terus Dibenahi

Harian 9 author photo
Pusat perkantoran Bupati Tapsel di Desa Kilang Papan Dano Situmba Sipirok terlihat indah dan terus menjalani pembenahan saat diabadikan, Jumat (19/1).  (Foto: Riswandy



TAPSEL| HARIAN9
Komplek pusat perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) pembangunanya terus dibenahi dengan melengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan demi kenyamanan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Tapsel Isnut Siregar, S.Sos dalam perbincangannya dengan HARIAN9 di ruang kerjanya di Komplek Perkantoran Bupati Tapsel Desa Kilang Papan Dano Situmba Sipirok, Jumat (19/1).

Dikatakannya, tahun ke tahun setelah pusat perkantoran pindah dari Kota Padangsidimpuan ke Desa Kilang Papan Dano Situmba Sipirok, pembangunann sarana dan prasarana perkantoran di atas lahan seluas 271 hektar intensitasnya semakin tinggi dan tidak mengganggu program pembangunan di sektor lainnya.

“Artinya, walau anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan sarana dan prasarana komplej perkantoran cukup tinggi dengan cara bertahap setiap tahun, namun pembangunan di sector lain juga tidak terganggu dan tetap pembangunannya sama-sama jalan,“ ujarnya.

Bahkan katanya, tambahan pembangunan berbagai fasilitas fisik lainnya menambah keindahan pusat pelayanan masyarakat yang berlokasi di dataran tinggi Kilang Papan Dano Situmba di gugusan Bukit Barisan, Sipirok.

“Tak khayal, lokasi pusat perkantoran Pemkab Tapsel yang saat ini dipimpin Bupati Syahrul M Pasaribu sudah menjadi 'magnet' sekaligus ikon daerah, sehingga, tidak jarang banyak mastyarakat yang sengaja datang ke lokasi yang berhawa sejuk tersebut hanya untuk ber foto ria, karena warga meyakini lokasi perkantoran ini termasuk yang termegah di Sumatera,“ sebut Isnut.

Kalau dipandang dari kejauhan apalagi dimalam hari lampu-lampu jalan dan jejeran lampu hias beraneka warna yang terpasang menjadikan pusat perkantoran pemerintah itu seakan lokasi perkotaan modern.

Menurutnya, sudah ada 22 kantor, 3 rumah dinas, 1 gedung serba guna, 1 gedung DPRD berikut lapangan upacara dan lengkap fasilitas pendukung closed-circuit television (CCTV), videotron dan fasilitas umum lainnya terbangun di lokasi perkantoran yang menjadi karya monumental dan sejarah Bupati Syahrul M. Pasaribu yang didampingi Wakil Bupati Aswin Efendi Siregar.

Saat ini gapura besar jalan masuk perkantoran dan jalan lingkar dua arah mengitari komplek pusat pemerintahan juga sedang tahap pembangunan yang dilengkapi berbagai flora serta taman taman indah.  

Selain pusat perkantoran, dilokasi tersebut nantinya juga akan dibangun sarana olahraga, hutan kota, stadion, perumahan PNS, sarana ibadah, yang  secara geografis, jarak dan letaknya tepat dipertengahan antara 14Kecamatan yang ada di Tapsel mulai dari Kecamatan Aek Bilah, Batang Toru dan Batang Angkola.

“Tidak lama lagi, seluruh perkantoran Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan instansi vertikal Pemkab Tapsel sudah terbangun di lokasi tersebut dan berada dalam satu komplek di pusat perkantoran itu, seperti kantor Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Polres, Perguruan Tinggi, lembaga dan institusi lainnya, akan akan beerada disini dan nantinya semua perkantoran ini terpusat dan terintegrasi yang tujuannya mempermudah birokrasi bagi rakyat,“ jelasnya.

Sipirok Sebagai Ibukota Tapsel

Sejalan dengan pembangunann sarana dan prasarana perkantoran Pemkab Tapsel, Sipirok sebagai ibukota Kabupaten Tapsel juga akan diproyeksikan menjadi kota pelayanan barang dan jasa disamping sebagai kota pendidikan, kota agropolitan dan kota pertanian, kota kunjungan berobat khususnya penyakit paru-paru serta kota wisata.

“Berada di lintas jalur propinsi, Pemkab Tapsel telah memproyeksikan Kota Sipirok akan dijadikan daerah persinggahan dan pengembangan kota Sipirok tahap demi tahap terus dilakukan, sehingga mampu sejajar dengan kota-kota lainnya di Sumut maupun di Indonesia,“ tandasnya.

Dijelaskannya, sebagai kota pendidikan, Sipirok telah memiliki sekolah berkualitas yakni SMA plus, yang telah mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda Tapsel yang handal dan telah menyebar diberbagai tempat.

Untuk kota agropolitas dan kota pertanian, Sipirok memiliki lahan cukup subur dan hawa yang sejuk, sehingga berpotensi untuk pengembangan budidaya agrobisnis pertanian. 

Sedangkan sebagai kota wisata dan sejarah, Sipirok memiliki pemandian air panas, tor Simago-mago dan lokasi panas bumi di kawah gunung Sibual-buali yang dilengkapi sarana perhotelan bertaraf internasional, serta memiliki objek wisata sejarah dan ritual seperti mesjid tua, gereja tua dan pesantren.

“Tentunya ini semua buruh dukungan dan doa dari masyarakat Tapsel, bagaimana program pebangunan tersebut dapat terwujud, mengingat pembangunan sarana dan prasarana pusat pemerintahan harus juga sejalan dengan pengembangan kota Sipirok sebagai ibukota Tapsel dan pembangunan Kecamatan lainnya,“ tutur Isnut. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar Anda

Berita Terkini