KPU Paluta Adakan Gerakan MenCoklit Data Pemilih

Harian 9 author photo
Komisioner KPU Paluta Herisal Lubis SH bersama PPK, PPS dan PPDP saat melakukan penCoklitan di salah satu rumah warga di desa Siunggam Tonga, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Sabtu (20/1). (Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang juga digelar secara serentak di 171 daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2018 di halaman Kantor KPU Paluta, Sabtu (20/1).

Sebelum turun untuk melakukan gerakan Coklit, KPU Paluta terlebih dahulu menggelar apel bersama, diikuti Komisioner KPU Paluta dan Aparatur Sipil Negara (ASN) KPU Paluta, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sejumlah PPS dan media center KPU Paluta.

Usai apel, seluruh Tim Coklit yang terbagi dalam 12 Tim untuk 12 Kecamatan di Kabupaten Paluta berangkat dari halaman kantor KPU untuk melakukan Coklit serentak tersebut menuju Desa-Desa yang ada di Paluta.

Ketua KPU Rahmat Hidayat SP menyatakan bahwa Gerakan Coklit (Cocokan dan Teliti) ini dilaksanakan serentak di 171 daerah yang akan mengikuti Pilkada 2018, yang selanjutnya, jajaran KPU, PPK, PPS dengan Petugas PPDP di Kelurahan dan Desa untuk bersama melakukan pencoklitan data pemilih kerumah-rumah warga (door to door).

“Hari ini kita akan melakukan pencoklitan ke rumah-rumah warga dan selanjutnya sampai tanggal 18 Pebruari petugas PPDP akan melaporkan hasil pen Coklitannya ke PPS dan selanjutnya PPS melaporkannya ke PPK kemudian PPK nanti akan melaporkannya ke KPU Paluta,“ ujar Rahmat.

Rahmat menghimbau, untuk PPDP agar mengikuti aturan dan jika ada masalah jangan langsung bertindak sendiri, tapi diselesaikan sebaik mungkin dan dia juga menekankan kepada seluruh petugas PPDP, PPS, PPK yang didampingi KPU Kabupaten Paluta melakukan pencoklitan  bersama sama hari ini dan harus memasuki minimal 5 rumah.

“Untuk pelaksaanaan pencoklitan hari ini, saya tekankan minimal 5 KK hasil pencoklitan dari tiap tiap PPDP yang banyaknya 710 PPDP yang tersebar pada 618 Tempat Pemungutan Suara(TPS) di 386 desa dan 2 Kelurahan di Kabupaten Paluta,“ jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisioner KPU Paluta Divisi Parmas dan SDM Herisal Lubis SH melakukan penCoklitan di desa Siunggam Tonga, Kecamatan Padang Bolak Tenggara didampingi anggota PPK Padang Bolak Tenggara Sodiman Daulay dan PPS desa Sunggam Tonga Mangonal Harahap serta 2 orang PPDP desa Siunggam Tonga yakni Seven Romadhona Daulay dan Elvi Sari Daulay.

Usai melakukan Pencoklitan di sejumlah rumah warga di desa Siunggam Tonga, Herisal Lubis dan petugas lainnya menyerahkan Stiker Coklit di rumah-rumah yang disambangi menCoklit dan mengingatkan kepada warga agar jangan lupa mencoblos di Pilkada Paluta 2018 pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Mari kita Sukseskan Pilkada Paluta dengan mendatangi TPS dan menggunakan hak pilih kita pada 27 Juni mendatang. Gunakan hak pilih, tentukan pilihan karena pilihan kita akan menentukan masa depan Kabupaten Paluta kedepannya,“ pungkas Herisal.

Sementara, salah seorang warga yang juga tokoh agama di Desa Siunggam Tonga, Kecamatan Padang Bolak Tenggara Rundutan Simamora didampingi istri Rostina Siregar menyambut baik dengan kedatangan petugas untuk melakukan penCoklitan data dan menganggap kegiatan ini sangat penting untuk perbaikan data yang lebih baik.

Pada kesempatan ini, ia mengajak seluruh warga khususnya di desa Siunggam Tonga, kecamatan Padang Bolak Tenggar untuk turut berperan menyukseskan Pilkada Paluta dan Pilgubsu 2018 dengan menggunakan hak pilih pada 27 Juni mendatang. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar









Komentar Anda

Berita Terkini