Letkol Czi Reilman Yudha : Prajurit Yonzipur I/DD Harus Netral

Harian 9 author photo
Danyon Zipur I/DD Letkol Czi Rielman
Yudha perlihatkan buku saku netralitas
TNI untuk prajuritnya. (Joko Hendro)
MEDAN| HARIAN9
Komandan Batalyon Zeni Tempur (Danyon Zipur) I/Dhira Dharma Letkol Czi Reilman Yudha mengingatkan seluruh prajuritnya untuk memegang teguh sikap netralistas TNI dalam Pilkada Sumut 2018.

Penegasan ini disampaikan Reilman Yudha diwakili Pasipers Lettu Czi Bambang Wahyudi pada acara sosialisasi dan penyerahan buku saku Netralitas TNI kepada seluruh prajuritnya di Aula Suganda Mako Yonzipur I/DD Jalam Kapten Muslim Helvetia, Kamis (18/1/2018).

“Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI, yang dalam Pasal 2 antara lain ditegaskan bahwa tentara profesional ialah tentara yang tidak berpolitik praktis,” tegas Letkol Reilman Yudha.

Diterangkannya, setiap prajurit TNI dimanapun berada harus tetap netral dalam keterlibatan di kancah politik, apalagi melakukan politik praktis.

“TNI harus netral dalam kehidupan berpolitik serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Dalam implementasi netralitas TNI, prajurit harus ikut mengamankan Pilkada sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri,” papar Danyon.

Menurut Reilman yang akrab dengan Wartawan, sikap netral yang ditujukan prajurit TNI sangat penting dalam penyelenggaraan Pilkada Sumut 2018 yang aman dan kondusif bagi masyarakat.

“Arahan netralitas TNI dalam menghadapi Pilkada Sumut 2018 ini juga sesuai perintah Panglima TNI yang diteruskan ke Pangdam I/BB, dan kita sosialisasikan ke anggota,“ jelas Pamen Muda Alumni Akmil Magelang Tahun 2000 tersebut.

Pemberian buku saku Netralitas TNI dan pengarahan kepada seluruh prajurit Yon Zipur I/DD ini, setelah sebelumnya Letkol Czi Rielman Yudha menerima pengarahan dari Pangdam I/BB Mayjen TNI H. Cucu Somantri, S.Sos saat upacara bendera 17-an  di Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan. (HJ9)


Komentar Anda

Berita Terkini