PT NAN Paluta Adakan Forum Konsultasi Publik

Harian 9 author photo
Managemen PT NAN Kabupaten Paluta saat menggelar konsultasi publik di aula Eko Wisata PT. NAN Jalan Raya Sisingamangaraja, Link I Simpang Tobat Kelurahan Pasar Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak.(Foto: Riswandy)


PALUTA| HARIAN9
Untuk menyerap aspirasi, masukan dan saran dalam peningkatan pelayanan serta proses penyempurnaan pelaksanaan usaha, management PT Nuansa Alam Nusantara (NAN) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar forum konsultasi publik di aula Eko Wisata PT. NAN Jalan Raya Sisingamangaraja, Link I Simpang Tobat Kelurahan Pasar Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak, Rabu (17/1/2018).

Forum konsutasi public tersebut dihadiri jajaran Pemkab Paluta yakni dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMP2TSP) Kabupaten Paluta, BAPPEDA, SatPol PP, MUI, Lembaga adat dan Budaya Paluta, ICW Paluta, Kemenag, Koramil 05 Padang Bolak, Polsek Padang Bolak, Lurah Pasar Gunungtua, tokoh masyarakat serta para petani di sekitar perusahaan. Sementara, bertindak sebagai narasumber dan pembicara dari Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Paluta.

Kepala Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Paluta Marahamid Harahap SP dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya turut mendukung pengembangan Eko Wisata PT NAN sebagai salah satu tempat rekreasi masyarakat.

Disamping itu juga katanya Eko Wisata ini juga akan mampu untuk menciptakan lapangan kerja di Paluta. Namun katanya, prosesnya harus sesuai teknis yang salah satunya pengkajian tentang dampak dan pengendaliannya bagi lingkungan hidup sekitar.

“ Saya mendukung pengembangan Eko Wisata PT NAN di Paluta, karena selain menciptakan tempat rekreasi bagi masyarakat juga bisa menciptakan lapangan kerja. Namun harus sesuai teknis,  yang salah satunya pengkajian tentang permasalahan lingkungan hidup, “ ujar Marahamid.

Ia juga meminta para undangan yang hadir agar memberikan masukan ataupun saran serta pendapat yang  membangun di forum tersebut, yakni  yang berkaitan dengan keberadaan Eko Wisata PT NAN di Paluta.

“ Disini ada Kabid saya yang membidanginya dan mereka akan menjawab dan memberikan solusi terkait dampak bagi lingkungan hidup sekitar seputar keberadaan PT NAN di Kabupaten Palutadan di bidang perizinan juga saya lihat disini ada dari Dinas PMP2TSP, “ ungkapnya.

Sementara Direktur Utama PT NAN Pardamean Siregar melalui Humas Darwin Siregar dalam sambutannya mengharapkan dukungan masyarakat Paluta untuk pengembangan Eko Wisata PT NAN yang bergerak dibidang wisata satwa dan water boom serta kolam renang olympic bertarap nasional.

“ Tujuan kegiata ini juga untuk menghimpun pendapat masyarakat sebagai bahan yang harus dilaksanakan dan dijaga pihak PT NAN sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku, “ terang Pardamean.

Salah satu tokoh masyarakat yang juga tokoh adat H Awaluddin Harahap di forum tersebut menyambut baik dan mendukung pengembangan usaha Eko Wisata PT NAN. Karena katanya dengan keberadaan PT NAN yang memelihara puluhan jenis spesies hewan bisa meningkatkan wawasan anak-anak untuk mengenal berbagai jenis hewan.

“Secara pribadi dan mewakili masyarakat Paluta sangat mendukung pengembangan usaha PT NAN ini, “ ungkap H Awaluddin.

Di akhir acara dilakukan penandatangan nota hasil konsultasi publik antara PT NAN dengan perwakilan petani, tokoh masyarakat, Dinas PMP2TSP Paluta dan BAPPEDA Paluta. (Wan9)





Komentar Anda

Berita Terkini