Sindikat Pencurian Betor Modus Ajak Makan Korban Diamankan Warga

Harian 9 author photo
Tumpal Hahotan Sinaga bersama istrinya Boru Manullang merenungi nasib untuk mencari nafkah karena betornya hilang dilarikan penumpang. (Foto: Joko Hendro)

MEDAN| HARIAN9
Seorang pria diduga sindikat pencurian beca bermotor dengan sasaran betor TVS, Honda Win dan Ferza berhasil diamankan warga di Jalan Kapten Muslim/Jalan Mesjid Medan Helvetia, Sabtu (13/1/2018) sore. Untuk pengusutan dan penyidikan lebih lanjut, tersangka bermarga Ginting (39) kemudian diserahkan ke Polsek Helvetia dan selanjutnya dilimpahkan ke Polres Langkat.

Disebutkan, Sabtu 23 Desember 2017 pukul 15.00 WIB, Tumpal Hahotan Sinaga (52) warga Jalan Binjai Km 13 Desa Muliorejo Sunggal membawa betor TVS warna merah putih BK
1732 ZI dan melintas di kawasan Sambu.

Saat sedang menunggu sewa, korban didatangi tersangka dengan ciri-ciri gigi depan ompong tiga, tinggi 160 cm, kulit sawo matang minta diantarkan ke Pulo Brayan dengan alasan untuk membawa dua unit mesin jackpot.

Dalam perjalanan, tersangka minta melalui Jalan Kapten Sumarsono karena mau makan dan korban mengikuti perintah tersebut. Tiba di salah satu warung depan Pabrik Aqua, tersangka lalu makan dan korban minum kopi.

"Kita tunggu disini aja dan biar mobil pribadi datang sekaligus membawa mesin jackpot itu," kata korban menirukan ucapan tersangka.

Setelah itu tersangka minta pinjam kunci betor dengan alasan melihat temannya, tapi tiba-tiba kuncinya dikembalikan, dan tidak lama kemudian kunci dipinjam lagi dan betor dilarikan tersangka hingga korban tidak bisa mencari nafkah untuk anak dan istrinya.

Sementara itu Dirut CV Bestari Transportasi Bidang Dealer TVS Beca Bermotor, Irwan Sihombing, SE, didampingi istrinya, Netty Boru Siahaan di Kantornya Jalan Danau Singkarak No. 111 Medan, Selasa (16/1/2018) sore membenarkan adanya hal tersebut.

Dikatakan Boru Siahaan, selama tiga bulan ini sudah 7 unit betor TVS made in India yang hilang dicuri orang dengan modus penumpangnya ngajak makan kemudian melarikan betor.

"Kami berharap pihak kepolisian benar-benar menanggapi kejadian yang meresahkan warga tersebut dan membongkar sindikat jaringan itu hingga diproses sampai ke persidangan," pinta istri mantan Anggota DPRD Medan dari Fraksi Demokrat yang juga Sekretaris CV Bestari Transportasi.

Terpisah, Kapolsek Medan Helvetia Kompol Dra Hj. Trila Murni, SH ketika dikonfirmasi seputar percobaan pencurian betor yang ditangkap warga di Jalan Mesjid Helvetia membenarkan.

"Kasus tersebut sudah kita limpahkan ke Polres Langkat, karena ada juga korban yang kehilangan betor disana," jelas mantan Kasi Propam Polres Deli Serdang. (HJ9)



Komentar Anda

Berita Terkini