Tertibkan Adminduk, Personil Disdukcapil Paluta Diterjunkan Ke Desa

Harian 9 author photo
Kadisdukcapil Paluta Susanna Hanum Daulay didampingi anggota DPRD Paluta M.Amin Siregar saat menyerahkan E- KTP kepada siswa/i SMAN 1 Dolok, Kabupaten Paluta, Selasa (23/1). (Foto: Riswandy)

PALUTA| HARIAN9
Dalam upaya penertiban Administrasi Kependudukan (Adminduk) di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paluta melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  turun ke desa (turdes), yang pada tahap I, personil Disdukcapil Paluta mengunjungi sejumlah desa yang ada di wilayah Kecamatan Dolok Kabupaten Paluta, Selasa (23/1).

Kepala Dinas Dukcapil Paluta Susanna Hanum Daulay, mengatakan, pihaknya turun ke desa melakukan pelayanan keliling ke desa, dengan menfatangi rumahh warga, dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan kepala desa yang bersangkutan agar mem‎beritahukannya ke seluruh masyarakat.

“Tujuannya guna mempermudah masyarakat yang ada di desa dalam hal kepengurusan Dokumen Kependudukan (Dokduk) seperti KTP, Akte Kelahiran dan Kematian serta Kartu Keluarga maupun dokumen kependudukan lainnya,“ ujar Susanna Hanum Daulay.

Dikatakannya, Disdukcapil juga melakukan pelayanan dengan gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun juga sesuai dengan UU No 24 Tahun 2013 tentang perubahan UU No 23 Tahun 2006 yang mengatur sanksi bagi aparat pemerintah yang terbukti memungut biaya kepada masyarakat terkait pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Surat Kematian.

“Berdasarkan Revisi UU tersebut maka kepengurusan Adminduk digratiskan dan pihaknya menargetkan Adminduk di Kabupaten Paluta semakin tertib, makanya kita turun kedesa melakukan pelayanan dan kali ini kita fokuskan di wilayah Kecamatan Dolok yang digelar selama satu minggu,” pungkasnya.

Ditambahkaannya, untuk  tahap I ini, pihaknya yang didampingi oleh anggota DPRD Paluta M Amin Siregar menyerahkan secara langsung E-KTP kepada 69 siswa/i di SMAN 1 Dolok yang beberapa waktu lalu sudah melakukan perekaman saat pihak Disdukcapil menyambanginya.

Pada kesempatan itu, M. Amin Siregar, selaku anggota DPRD Paluta dari PAN mengapresiasi langkah dan upaya Disdukcapil Paluta yang sudah memberikan pelayanan kepengurusan administrasi kependudukan dengan cara jemput bola serta gratis demi menuntaskan kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat yang telah wajib memiliki Dokduk.

“Langkah yang dilakukan ini sudah sangat tepat dan sangat membantu masyarakat khususnya yang berada di wilayah desa untuk mendapatkan akses yang lancar dalam kepengurusan Dokduk mereka,“ jelas M Amin Siregar.

Terpisah, salah seorang siswa SMAN 1 Dolok, M Ritonga mengaku sangat senang dengan pelayanan keliling yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Paluta sehingga ia dengan sangat mudah bisa memperoleh E-KTP dan Dokduk lainnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini