Warga Desa Silangkitang Tambiski Kini Sudah Bisa Nikmati Listrik

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu foto bersama dengan warga Desa Silangkitang Tambiski Kecamatan SD Hole, saat melakukan kunjungan kerja ke Desa tersebut, Minggu (21/1). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Warga Desa Silangkitang Tambiski Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sekarang sudah bisa menikmati listrik selama 24 jam, dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 53 Kilo Watt (KW) di daerah tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Silakkitang Tambiski Kecamatan SD Hole Irwan Desember selaku perwakilan masyarakat, saat menerima kunjungan kerja Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu didampingi Kepala Bappeda Ongku Muda Sormin, S.Sos, Kadis Ketenagskerjaan Amros Karangmartua, SH, Kadis KB Abdul Saftar, Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar, Sekretaris PMPPTSP Sofyan Adil, dan Kabid Pemdes Ricky Hadamean ke Desa tersebut, Minggu (21/1).

Pada kesempatan tersebut, Irwan juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu atas selesainya pembangunan PLTMH yang berkapasitas 53 KW dan telah beroperasi sejak 31 Desember 2017 lalu.

Dikatakannya, selama ini warga desa memang sangat merindukan pembangunan PLTMH apalagi sebelum adanya PLTMH, anak-anak di Desa belajar memakai lampu minyak akibat ketiadaan listrik.

“Kami selaku warga Desa Silangkitang Tambiski mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Tapsel, karena program PLTMH tersebut, sebanyak 160 Kepala Keluarga (KK) dan rumah ibadah serta penerangan jalan yang tersebar di 90 titik di Desa kami telah kami nikmati,“ ujar Irwan.

Sementara Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu berpesan kepada seluruh masyarakat Desa Silakkitang Tambiski agar menjaga dan memelihara hutan, karena operasional turbin PLTMH bergantung pada air yang erat kaitannya dengan hutan.

Dia juga meminta kepada pengurus pengelola PLTMH Desa Silangkitang Tambiski yang telah dibentuk, agar lebih proaktif membuat aturan yang nantinya bertugas merawat kelangsungan PLTMH.

“Perlu juga dibuat Peraturan Desa (Perdes) untuk menjaga kelestarian hutan dan secara tegas juga membuat aturan mengenai sanksinya apabila ada yang dengan sengaja merusak hutan,“ tegas Bupati.

Menurutnya, pembangunan PLTMH ini merupakan upaya pemerintah agar seluruh masyarakat di Tapsel bisa menikmati listrik, sekaligus pemerataan energi di seluruh Kabupaten Tapsel.

“Ini adalah salah satu upaya pemerintah mewujudkankannya dan pemerintah terus melakukan upaya menerangi desa-desa dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT), apalagi potensi listrik dari tenaga air yang berasal dari aliran sungai yang ada di Tapsel cukup besar," ujarnya.

Sisi lain, Teguh Edy S, dari PT Sucofindo selaku penanggung jawab tekhnik PLTMH mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah memberikan dukungan dan semangat yang luar biasa sehingga pembangunan PLTMH dapat selesai sesuai target.

“PLTMH ini akan membawa dampak ekonomi kepada masyarakat, serta dapat membuka peluang untuk peningkatan ekonomi desa, dengan harapan, mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,“ ujarnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar















Komentar Anda

Berita Terkini