12 Ribu Rumah Di Tapsel Mulai ‘Bersinar’

Harian 9 author photo

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu didampingi anggota DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu SE, Ak disambut warga dengan memberikan ulos dalam rangka meresmikan PLTMH berkapasitas 22 KW di Desa Gorahut Kecamatan Aek Bilah Kabupaten Tapsel,  (Foto : Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Dengan kehadiran 19 unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Teenaga Surya (PLTS) di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), 12 ribu rumah di Kabupaten tapsel mulai ‘bersinar’ dengan menikmati penerangan yang diproduksi melalui PLTMH dan PLTS.

“ Sebanyak 12 ribu rumah warga di Kabupaten Tapsel telah menikmati penerangan yang diproduksi melalui PLTMH dan PLTS, “ ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu saat meresmikan PLTMH berkapasitas 22 KW di Desa Gorahut Kecamatan Aek Bilah Kabupaten Tapsel, Minggu (25/2).

Peresmian tersebut dihadiri Ketua Komisi VII DPR RI H. Gus Irawan Pasaribu SE, Ak. MM, Wakil Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Ketua TP PKK Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, tokoh masyarakat Aek Bilah Sutan Habonaran Dongoran, Pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa se Kecamatan Aek Bilah dan mewakili Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara Paulus Rajagukguk.

Lebih lanjut Syahrul menyampaikan, PLTMH Desa Gorahut berkapasitas 22 KW tersebut telah mampu menerangi 122 rumah tangga di tiga Dusun di Desa Gorahut yakni, Dusun Gunting Pege, Ramba Padang dan Dusun Huta Tonga, yang sumber air untuk PLTMH tersebut berada tidak terlalu jauh dari pemukiman warga.

“ Saya meminta seluruh warga Desa agar kompak dan bersatu untuk menjaga PLTMH ini, karena PLTMH ini sudah menjadi milik warga Desa Gorahut, dan kehadiran PLTMH ini bisa dimanfaatkan dan digunakan selamanya untuk berbagai kebutuhan, “ ujar Syahrul.

Bupati juga menjelaskan, saat ini tercatat ada 19 unit PLTMH dan PLTS di Tapsel, dimana satu diantarany berada di desa Gorahut dan sehari sebelumnya juga telah diresmikan PLTMH berkapasitas 53 KW di Desa Silangkitang Tambiski Kecamatan SD. Hole yang saat ini merupakan PLTMH dengan kapasitas yang terbesar di Tapsel.

Bupati juga mengingatkan, kepada warga bahwa sumber air yang ada merupakan fungsi utama untuk menggerakkan PLTMH. Maka konsekuensinya hutan harus terus dipelihara agar debit airnya bisa terjaga secara terus menerus,

“ Saya tekankan juga kepada seluruh warga Gorahut agar secepatnya menyusun organisasi dalam pengelolaan PLTMH tersebut agar pemeliharaan PLTMH bisa terus terjaga secara permanen, “ terangnya.  (Wan9)



Komentar Anda

Berita Terkini