15 Parpol Di Paluta Lolos Verfikasi Faktual Dan Ikut Sebagai Peserta Pemilu 2019

Harian 9 author photo
Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP. (Foto: Akhir S Rambe)

PALUTA| HARIAN9
Pasca dilakukannya tahapan dan masa perbaikan verifikasi faktual administrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyatakan seluruh Partai Politik (Parpol) yang ada di Paluta yan berjumlah 15 Parpol yang memiliki ke pengurusan di tingkat Kabupaten dinyatakan memenuhi syarat dan berhak mengikuti kontestasi pada Pemilu tahun 2019 mendatang. 

Hal ini disampaikan ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP di ruang kerjanya, Jumat (9/2).

Adapun ke-15 parpol yang dinyatakan telah memenuhi syarat itu antara lain, Partai Golkar, Gerindra, Hanura, PDIP, PPP, PAN, PKB, Demokrat, PBB, PKPI, Nasdem, PKS, Partai Berkarya, Perindo dan Partai Garuda.

"Di KPU RI jumlah Parpol ada 16 Parpol, tapi karena kepengurusan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak ada di kabupaten Paluta maka jumlahnya 15 Parpol yang kita verifikasi faktual dan 15 Parpol tersebut dinyatakan lolos serta otomatis akan ikut sebagai peserta pada pemilu tahun 2019 di Kabupaten Paluta," jelasnya. 

Terpisah, Komisioner KPU Paluta koordinator  Divisi Teknis M Ali Ansor SAg menyebutkan, proses penelitian verifikasi dilakukan pihaknya, mulai dari verifikasi administrasi parpol, verifikasi faktual kepengurusan, keterwakilan perempuan, domisili kantor dan keanggotaan masing-masing parpol.

Diucapkannya, terimakasih atas kesempatan dan kesediaan pengurus 15 Parpol dalam kunjungan tim verifikator KPU Paluta dalam melaksanakan tahapan verifikasi faktual dan perbaikan hasil verifikasi faktual beberapa hari yang lalu.

"Namun demikian meski KPU Paluta telah menetapkan 15 Parpol ini lolos verifikasi faktual dan ikut sebagai parpol peserta pemilu tahun 2019 di Kabupaten Paluta, tetap harus menunggu pengumuman resmi dari KPU RI," ungkap Ali Ansor. (kadek9)
Editor: Mardan H Siregar 












Komentar Anda

Berita Terkini