Babinsa Bersama PPL Ds Kencong Dampingi Pengendalian OPT

Harian 9 author photo

Bertempat di lahan pertanian kelompok tani Maju Dsn Ponjen Ds Kencong Kabupaten Jember pada Minggu (24/02/2018) Pukul 07.00 WIB dilaksanakan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) tepatnya hama wereng batang yang mulai menyerang tanaman padi milik kelompok tani tersebut. (Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9 
Bertempat dilahan pertanian kelompok tani Maju Dsn Ponjen Ds Kencong Kabupaten Jember pada Minggu (24/02/2018) Pukul 07.00 WIB dilaksanakan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) tepatnya hama wereng batang yang mulai menyerang tanaman padi milik kelompok tani tersebut.

Hadir pada kesempatan tersebut Staf Kemetrian Pertanian RI Sawadi dan Surono didampingi oleh Staf Dinas Pertanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Jember Muhkrom, Babinsa Kopka Jamuhur dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Wahyudi, Ketua Kelompok Tani Maju Hendra Sumariadi  serta perwakilan anggota kelompok tani Maju 7 orang.

Sebelum dilakukan penyemprotan jenis obat Garberra dan Poksindo terhadap tanaman padi yang mulai terserang hama wereng batang para petani diberikan arahan yang pada intinya agar petani benar-benar meneliti tanamannya setiap saat sehingga kalau ada serangan hama dapat segera diketahui dan hendaknya diinformasilkan kepada PPL untuk selanjutnya dilakukan penanganan secara cepat dan tepat sehingga tidak meluas.

Menyikapi kegiatan tersebut Danramil 0824/18 Kencong Kapten Kav Bambang Susiono membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut, bahkan seluruh anggota sudah diperintahkan untuk lebih intensif berkoordinasi dengan PPL dan turun kesawah karana saat sekarang ini tanaman padi sudah memasuki puncak pertumbuhannya.

Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar yang mendukung upaya yang dilakukan oleh jajaran beserta anggotanya sesuai intruksinya yang memerintahkan lebih intensif melakukan kegiatan pendampingan pertanian dalam rangka menjaga bahkan meningkatkan produksifitas pertanian diwilayahnya masing-masing.

Bahkan Letkol Inf Arif Munawar sejak beberapa waktu yang lalu telah menyampaikan bahwa tugas pendampingan tidak hanya melulu pada kegiatan tehnisnya saja termasuk pengawalan ketersediaan pupuk dan obat-obatan pertanian dimasa tanaman pada puncak pertumbuhan menjelang panen seperti sekarang ini jangan sampai terkendala oleh hama tanaman. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini