Babinsa Kebonagung Dampingi Imunisasi Dipteri

Harian 9 author photo
Babinsa Kelurahan Kebonagung Serma Moh Ibnu dan Sertu Iswanto melaksanakan pendampingan dan membantu petugas medis dari Puskesmas Kaliwates yang sedang memberikan imunisasi kepada 234 siswa-siswi sekolah tersebut.  (Foto: Sis24)

JEMBER| HARIAN9
Wabah dipteri yang menghantui berbagai daerah hingga ada daerah yang sudah memutuskan Kejadian Luar Biasa (KLB) karena tingkat penderitanya sudah meluas di daerah tersebut, untuk Kabupaten Jember meskipun hal tersebut tidak sampai terjadi, bahkan menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dr Siti Nurul Qomariyah di Jember belum ada yang signifikan.

Meskipun tren kasus difteri di Kabupaten Jember pada tahun 2016-2017 sebanyak 4 kasus, namuntetap kita lakukan perencanaan, pendataan dan sosialisasi terkait penyakit difteri ini bersinergi dengan instansi terkait dan dilakukan imunisasi serentak pada Bulan Januari hingga Desember 2018 dengan target sasaran anak berusia 1-19 tahun.

Seperti yang dilakukan di Kelurahan Kebonagung yang sedang dilaksanakan Outbreak response immunization (ORI) Difteri kepada siswa siswi SDN Kebonagung 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember agar memiliki kekebalan tubuh terhadap bakteri corynebacterium diphteriae, Senin (19/02/2018) Pukul 09.30 WIB.

Babinsa Kelurahan Kebonagung Serma Moh Ibnu dan Sertu Iswanto melaksanakan pendampingan dan membantu petugas medis dari Puskesmas Kaliwates yang sedang memberikan imunisasi kepada 234 siswa-siswi sekolah tersebut. 

Danramil 0824/12 Kaliwates Kapten Inf Hosnan  membenarkan adanya kegiatan anggotanya tersebut sesuai dengan permohonan bantuan pendampingan dari Puskesmas kepada Koramil, dan hal tersebut tentunya sebagai bagian dari mengawal program pemerintah dalam melindungi masyarakat dari wabah penyakit.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar dalam konfirmasinya menyampaikan bahwa upaya perlindungan masyarakat dari wabah penyakit difteri tersebut harus kita dukung bersama dan terkait dengan keberadaan Babinsa jajarannya memang sudah ada kerjasama melalui  hasil rakor oleh Kepala Puskesmas  yang dilaksanakan dimasing-masing Kecamatan terkait pelibatan Babinsa itu sendiri.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa imunisasi tersebut sebagai bagian dari penguatan kompartemen pertahanan dimana masyarakat sebagai kompartemen pendukung dalam pertahanan negara, sehingga kalau masyarakatnya sehat tentunya negara akan menjadi kuat. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini