Bappeda Paluta Adakan Orientasi Penyusunan RKPD Tahun 2019

Harian 9 author photo
Bappeda Paluta adakan orientasi RKPD tahun 2018 sebagai acuan penyusunan RKPD tahun 2019 bersama OPD Paluta dan Camat di Aula Bappeda Paluta, Kamis (1/2). (Akhir S Rambe)

PALUTA| HARIAN9
Dalam rangka penyusunan Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2019, Badan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Padang Lawas Utara  (BAPPEDA Paluta) mengundang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Camat untuk orientasi RKPD tahun 2018 sebagai acuan untuk penyusunan RKPD tahun 2019 di Aula Bappeda Paluta, Kamis (1/2).

Acara  dibuka oleh Asisten II pada Setdakab Paluta Ali Akbar Siagian MM didampingi oleh Kaban Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak MSi yang juga berperan sebagai narasumber bersama dua narasumber lainnya yakni Endra Msi dari BPS Paluta dan Dr Ir Munir Tanjung MM yang merupakan sekretaris pada BAPPEDA Provinsi Sumatera Utara.

Tongku Palit Hasibuan SE Ak Msi, dalam materi  paparannya memfokuskan pembahasan tentang  orientasi penyusunan RKPD dan Renja perangkat daerah Paluta pada tahun 2019.

Sedangkan Endra Msi dalam pokok pembahasannya antara lain menyinggung tentang cakupan data strategis Kabupaten Paluta, kependudukan, kemiskinan, ketenaga kerjaan dan produktifitas pertanian.

Selain itu, ia juga memaparkan tentang data dan penjelasan laju  pertumbuhan ekonomi  di Paluta yang berbarometer pada link sektor PDRB perkapita Kabupaten Paluta, tentang  distribusi persentse PDRB paluta menurut lapangan usaha pada  tahun 2011 sampai tahun 2016 serta inflasi persentase kenaikan harga barang jasa secara umum dikonsumsi rumah tangga (RT) dan sebaliknya persentasi penurunan  atau yang disebut deflasi serta tentang ketenaga kerjaan dan persentase tingkat pengangguran tebuka di Kabupaten Paluta tahun 2012 sampai pada tahun 2015.

Sementara itu, Sekretaris BAPPEDA Provinsi Sumatera Utara Dr Ir Munir Tanjung MM pada kesempatan itu memaparkan perihal penjelasan dasar hukum penyusunan RKPD, tahapan penyusunan RKPD, persiapan penyusunan RKPD, Sistematika Ranwal RKPD Kab/kota, rancangan tema dan prioritas Nasional RKP tahun 2019 serta pencapaian Visi Misi RPJPD Prov-Su Tahun 2005 sampai Tahun 2025. 

Koordinator acara orientasi penyusunan RKPD Paluta tahun 2019  yang juga Kabid Sosbud dan pemerintahan pada BAPPEDA Paluta Rahmad Hidayat Siregar Ssos MM mengatakan tujuan dan hasil acara tersebut untuk memberikan pemahaman dan menyepakati proses jadwal penyusunan dokumen ranwal RKPD paluta tahun 2019, menyepakati prioritas pembangunan Paluta dan Program prioritas OPD tahun 2019, menyepakati prioritas Pembangunan dalam RKPJPD 2005-2023 dan melaksanakan amanat dari Permendagri No 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara Evaluasi Ranperda tentang RKPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

"Kita jadwalkan pekan depan akan kita adakan lagi Forum konsultasi publik sebagai lanjutan acara orientasi ini," ungkap Rahmat.

Disinggung masalah hasil dari acara orientasi tersebut ia memaparkan antara lain, terjaringnya aspirasi dari pemangku kepentingan agar mendapatkan masukan dan saran untuk menyelaraskan pembangunan di kabupaten Paluta,merupakan salah satu upaya pemerintah daerah Paluta memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas perencanaan dan meningkatkan tahapan tahapan penyusunan RKPD Paluta pada tahun 2019 serta mengahasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang baik dan program yang berdaya guna untuk mensejahterakan masyarakat Paluta. (kadek9)
Editor: Mardan H Siregar



























Komentar Anda

Berita Terkini