DPRD Sumut, Akan Jadikan Kabupaten Labuhanbatu Percontohan Pengelolaan Limbah Sawit

Harian 9 author photo
Koordinator Komisi D DPRD Provinsi Sumaterai Utara H. Tengku Milwan dan kolam limbah salah satu PKS di Labuhanbatu. (Foto: Thamrin Nasution)



LABUHANBATU| HARIAN9
Kunjungan kerja DPRD  Provinsi  Sumatera Utara ke Pemkab Labuhanbatu, Kamis (22/02/18) diterima oleh Plt. Sekdakab Labuhambatu H. Ahmad Muflih SH.MM mewakili Bupati Labuhanbatu, H. Pangonal Harahap, SE.MSI.

Kunjungan kerja Komisi D DPRD Provinsi Sumatera ini yakni selaku Koordinator Komisi H. Tengku Milwan, Ketua Komisi D Ari Wibowo beserta Fahrizal Efendi, Sutrisno Pangaribuan, Infra Alamsyah, Novita Sari, SH.H., Sahmidun Saragih, Leonard Sunungan Samosir, Analisman Zalukku, Drs.Bashami Ginting, H. Arifin Nainggolan, Drs.Hartoyo, Ir. Santoni Purba, Donald Lumban Batu, Ir. Ct. Darwin Lubis, H. Samsul Qodri, H. Burhanuddin, H. Syah Afandin, M .Hidayat, Jubel Tambunan, Drs.H.Hasaidin, Darwin SAg.MAP. Hestu Sutanti, M.Yunan dan Tety Rahmadani.

Pertemuan DPRD Komisi D ini dengan Pemkab Labuhanbatu digelar di ruang data dan karya kantor Bupati Labuhanbatu,
Dalam pertemuan ini Ketua Komisi D Ariwibowo, menyatakan bahwa Kabupaten Labuhanbatu, akan dijadikan percontohan dalam penertiban Administrasi pengolahan limbah pabrik kelapa sawit Sekaligus sebagai penyelenggaraan lingkungan sehat dan bersih.

Dikatakannya, Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara siap mendorong ataupun memfasilitasi untuk permasalahan Setiap Perusahaan di Labuhanbatu kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) supaya memberikan paparan apa yang menjadi kendala dan upaya apa yang kita lakukan, sehingga Kabupaten Labuhanbatu menjadi contoh bagi Kabupaten lain dalam pengelolaan limbah.

Ari Wibowo yang berasal dari Labuhanbatu ini menambahkan,melalui laporan Badan Lingkungan Hidup (BLH) di Labuhanbatu ini masih banyak didapati Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) yang proses pengolahan limbahnya belum memenuhi standar serta sampai saat ini pengolahan limbah tersebut dinilai belum Efisien.

"Diharapkan permasaalahan limbah ini cepat ditangani ,jangan Masyarakat sampai marah, tugas kami kami adalah menampung aspirasi masyarakat khususnya masyarakat Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan (Labusel) dan disinilah kita perlu mencari solusi terbaik kedepan," ujar Ari Wibowo.

Sementara Bupati Kabupaten Labuhanbatu, H. Pangonal Harahap SE.MSI melalui Plt. Sekdakab Labuhanbatu, H. Ahmad Muflih SH.MM. mengatakan dengan adanya pertemuan ini diharapkan seluruh aspirasi masyarakat dapat ditampung dan di bawa ke Provinsi untuk mendapatkan perhatian khusus.

Disampaikannya, dalam program pembangunan sarana dan prasarana publik berupa Ruang Terbuka Hijau ( RTH) kami telah mengundang seluruh Perusahaan yang perusahaannya berlokasi di Labuhanbatu dapat memberikan bantuan dana dari CSR dari Perusahaan itu berbentuk bahan/barang dihibahkan ke Pemkab Labuhanbatu, diharapkan RTH ini akan menjadi Icon Rantauprapat.

"Semoga dengan adanya kunjungan kerja dari DPRD Provinsi Sumatera Utara, khususnya Komisi D ini dapat memberikan solusi serta menciptakan dampak yang baik terhadap perbaikan kesehatan dan lingkungan di Kabupaten Labuhanbatu ini," ucapnya. (Trn9) 
Editor: Mardan H Siregar







Komentar Anda

Berita Terkini