Gubsu Serahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Kategori Kabupaten Tahun 2017

Harian 9 author photo
Gubsu Ir.H Tengku Erry Nuradi, M.Si menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik I kategori Kabupaten tingkat Propsu 2017 kepada Camat Marancar Kabupaten Tapsel Arman Pasaribu, S.Sos disaksikan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam acara di Lapangan Parade Kantor Bupati Tapsel, Komplek Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Sabtu (10/2). (Foto: Riswandy)



TAPSEL| HARIAN9
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir.H Tengku Erry Nuradi, M.Si menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik I kategori Kabupaten tingkat Propinsi Sumatera Utara (Propsu) 2017 kepada Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), yang diterima Camat Marancar Arman Pasaribu, S.Sos dalam acara di Lapangan Parade Kantor Bupati Tapsel, Komplek Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Sabtu (10/2).

Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik I kategori Kabupaten tingkat Propsu 2017 kepada Kecamatan Marancar Kabupaten Tapsel yang menyisihkan 407 Kecamatan kategori Kabupaten se-Sumut disaksikan Ketua Komisi VII DPR-RI, Gus Irawan Pasaribu, Ketua Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu, anggota DPRD Sumut Doli Sinomba Siregar, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, Kapolres Tapsel AKBP. M. Iqbal, S.Ik, Dandim 0212/TS Letkol (Arm) Azhari, SIP, Wakil Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang dan H. Naswardi Sihaloho, SH, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tapsel, serta undangan lainnya

Terbaik II diraih Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir, terbaik III Kecamatan Tebing Syahbanda Kabupaten Serdang Bedagai, Harapan I Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhan Batu Utara, Harapan II Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan dan Harapan III Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Ir.H Tengku Erry Nuradi, M.Si menekankan pentingnya aparatur di daerah, dalam hal ini Bupati dan Camat untuk mengoptimalkan peran Kecamatan dalam pelayanan public khususnya dalam melakukan percepatan pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

“Diharapkan kepada Camat yang Kecamatannya memperoleh penghargaan bisa menjadi contoh bagi Kecamatan lainnya yang ada di Sumut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di tingkat Kecamatan dan diharapkan kepada seluruh Camat yang terpilih menjadi yang terbaik agar tidak berpuas diri. Sebaliknya, bagi Camat yang belum mendapat prestasi agar terus berupaya untuk menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Tak lupa, Gubsu juga mengucapkan selamat kepada Camat termasuk termasuk jajaran Muspika seperti Danramil serta Kapolsek yang telah memberikan salah satu bentuk dukungan konkrit terhadap pembangunan di Propinsi Sumut pada umumnya dan Kabupaten Tapsel khususnya.

“Saya memandang penting memberikan apresiasi dengan harapan momen ini menjadi pemicu peningkatan kinerja bagi seluruh unsur Kecamatan di masa mendatang dan tentunya, penilaian tersebut untuk memotivasi para Camat agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga, kehadiran pemerintahan ditingkat Kecamatan lebih dirasakan oleh warga,“ tuturnya.

Lebih lanjut Erry mengatakan, Undang-Undang Nomor 23/2014, tentang Pemerintah Daerah, mengamanatkan bahwa otonomi daerah berada di tingkat Kabupaten dan Kota. 

Artinya, negara memberikan kesempatan bagi pemerintah daerah untuk menyelenggarakan otonomi dan konsekwensi UU tersebut perubahan dalam system pemeritah daerah, karena sesungguhnya daerah yang mengetahui aspirasi dari masyarakat dan Kecamatan sebagai salah satu perangkat daerah Kabupaten/Kota adalah sebagai pelaksana tekhnis kewilayahan yang mempunyai kekhususan dibandingkan perangkat daerah Kabupaten/Kota lainnya.

Selain mempunyai tugas umum kepemerintahan, Camat juga mempunyai kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh seorang Bupati atau Wali Kota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu mengucapkan terima kasih kepada Gubsu yang sudah langsung menyerahkan tunggul dan penghargaan Kecamatan terbaik tingkat Sumut kategori Kabupaten kepada Kecamatan Marancar

“Prestasi yang diperoleh Kecamatan Marancar itu menjadi motivasi bagi Kecamatan lain di Kabupaten Tapsel untuk berbenah dan menjadikan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera,“ ucap Syahrul. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar Anda

Berita Terkini