Isnan, Rusydi dan Irsan, Tolak, Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA

Harian 9 author photo
Ketua Panwaslu Kota Padangsidimpuan Syafri Muda Harahap, SE dan Kapolres AKBP Hilman Wijaya, S.Ik, MH memandu ke tiga Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan pada acara deklarasi tolak dan lawan politik uang serta politisasi SARA untuk Pilkada 2018 yang berintegritas, di halaman Kantor Panwaslu Kota Padangsidimpuan Jalan.Brigjen Katomso Kota Padangsidimpuan, Rabu (14/2).  (Foto : Riswandy)



PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Tiga Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan hadiri deklarasi tolak dan lawan politik uang serta politisasi Suku Agama dan Ras (SARA) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang berintegritas, diselenggarakan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Padangsidimpuan di halaman Kantor Panwaslu Kota Padangsidimpuan Jalan.Brigjen Katomso Kota Padangsidimpuan, Rabu (14/2).

Ke tiga Paslon yang hadir dalam deklarasi tersebut yakni Paslon No 1 Mhd. Isnandar Nasution, S.Sos - DR. Alipada Harahap, Paslon No 2 H. Rusydi Nasution, STP,MM - Drs. H. Abdul Rosyad Lubis,MM dan Paslon No 3 Irsan Efendi Nasution, SE - Ir. H. Arwin Siregar, MM.

Pantauan HARIAN9, deklarasi tolak dan lawan politik uang serta politisasi Suku Agama dan Ras (SARA) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dipimpin Ketua Panwaslu Kota Padangsidimpuan Syafri Muda Harahap, SE, dihadiri Komisioner Panwaslu lainnya, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, S.Ik, MH, mewakili Pemko Padangsidimpuan, mewakili Dandim 0212/TS, pimpinan Partai Politik (parpol) pengusung, tokoh masyarakat, pimpinan KNPI,Ormas dan OKP serta pendukung masing-masing Paslon.

Keakraban dari para Paslon di Pilkada Kota Padangsidimpuan ini begitu tergambar. Mereka sesekali berbicang dan momen ini beberapa kali terjadi selama tahapan Pilkada Pota Padangsidimpuan berlangsung.

Ketua Panwaslu Kota Padangsidimpuan Syafri Muda Harahap, SE, dalam sambutannya mengakui politik uang dan politisasi SARA kerap terjadi dalam setiap pelaksanaan Pilkada. Hal itu tentu menjadi perhatian Panwaslu Kota Padangsidimpuan termasuk juga perhatian berbagai pihak.

“Politik uang dan politisasi SARA memang kerap terjadi dalam Pilkada. Tentu ini menjadi perhatian kami dalam pelaksaan Pilkada tahun ini,“ kata Ketua Panwaslu Kota Padangsidimpuan Syafri Muda Harahap, SE.

Disadarinya, berbagai tantangan juga akan terjadi dalam pelaksanaan Pilkada Kota Padangsidimpuan, sehingga, ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut serta mewujudkan Pilkada yang bersih dan berkualitas di Kota Padangsidimpuan.

“Demi menciptakan Pilkada serentak tahun 2018 yang berintegritas, saya mengajak semua komponen masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk sama-sama mewujudkan Pilkada bersih, berkualitas dan kita bersama komitmen lawan politik uang dan politisasi SARA,“ tegasnya.

Adapun butir-butir deklarasi yang disuarakan ke tiga Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan yakni, mengawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan tahun 2018 dari praktik Politik Uang dan SARA karena itu merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat, tidak mengunakan politik uang dan SARA sebagai sarana meraih simpati pemulih karena mencederai integritas dan kedaulatan rakyat.

Mengajak pemilih untuk menentukan pilihannya secara cerdas berdasarkan program kerja dan bukan karena politik uang dan SARA, mendukung kerja-kerja pengawasan dan penanganan pelanggaran terhadap politik uang dan SARA yang di lakukan oleh lembaga Pengawas Pemilu, tidak akan melakukan intimidasi, kekerasan atau aktifitas dalam bentuk apapun juga yang dapat mengganggu proses penanganan pelanggaran politik uang dan SARA dan para Paslon siap untuk terpilih dan siap untuk tidak terpilih.

Usai deklarasi di lanjutkan dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian, pelepasan balon ke udara yang berisikan deklarasi damai, tolak dan lawan politik uang serta politisasi SARA, kemudian dilanjutkan penandatanganan fakta integritas Pilkada damai oleh ke tiga Paslon, Paswaslu dan Kapolres Padangsidimpuan. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

                                                                       







Komentar Anda

Berita Terkini