Kapolres Tapsel Inisiasi Kegiatan Gotroy Renovasi Masjid

Harian 9 author photo
Warga dua desa menerima kubah masjid yang merupakan bantuan Kapolres Tapsel AKBP. Mohammad Iqbal, S.Ik, M.Si pada kegiatan gotong royong renovasi masjid Benteng Huraba di Desa Huraba Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapsel, Selasa (20/2). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP. Mohammad Iqbal, S.Ik, M.Si bersama Komandan Distrik Militer (Dandim) 0212/TS Letkol (Arm) Azhari, SIP menginisiasi kegiatan gotong royong (gotroy) merenovasi rumah ibadah berupa masjid Benteng Huraba di Desa Huraba Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapsel, Selasa (20/2).

Kegiatan gotroy tersebut merupakan bentuk perdamaian dalam rangka menjalin kebersamaan dan kerukunan masyarakat dua desa yakni Desa Huraba dan Desa Pintu Padang II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) yang pernah bersiteru terkait permasalahan tapal batas desa yang didekatnya berdiri sebuah tugu perjuangan yakni Benteng Huraba dan Masjid Benteng Huraba yang keduanya memiliki historis sejarah.

Pantauan HARIAN9, kegiatan gotroy itu, selain diikuti puluhan warga dua desa bersama personil Polri dan prajurit TNI, juga dihadiri Camat Batang Angkola, Taufik Lubis dan ibu-ibu Bayangkari dari Polres Tapsel.

Disamping merenovasi kondisi Masjid yang sebahagian bangunannya ada yang rusak serta cat dinding yang sudah mulai kusam, warga bersama personil Polri, personil Brimobdasu Detacemen C Tapsel serta prajurit TNI juga melakukan bersih-bersih di sekitaran halaman masjid, melakukan pengecatan dinding masjid yang sudah lama tidak ada perbaikan dan mengganti kubah Masjid dengan yang baru.

Mereka secara bersama-sama dan bekerja secara kompak mengecat ulang bangunan masjid mulai dari kubah masjid hingga dinding masjid, agar bangunan masjid yang memiliki sejarah di Kecamatan Batang Angkola tersebut bisa dilestarikan.

Untuk merenovasi Masjid tersebut warga dua desa juga memberikan sumbangan, bahkan ada juga bantuan yang dating dari para tokoh adat di Kecamatan Batang Angkola yang salah satunya adalah Pangeran Burhanuddin Batara Kalasan yang merupakan putra dari almarhum Daulat Raja Nagaga Najunggal.

Di sela-sela gotroy tersebut, Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal, S.Ik, M.Si mengatakan, kegiatan ini salah satu program social Polres Tapsel sekaligus salah satu upaya persuasive dan antisipasi dampak dari perselisiahan warga dua desa yang pernah terjadi, sekaligus upaya perdamaian ke dua belah pihak.

“Gotroy yang dilakukan ini memiliki makna penting bagi warga dua Desa di Kecamatan Batang Angkola ini, karena aksi ini merupakan bentuk perdamaian antara warga Desa Pintu Padang II dan Desa Huraba, yang pernah berselisih terkait permasalahan tapal batas Desa yang dilokasi batas Desa berdiri sebuah tugu perjuangan Benteng Huraba yang memiliki historis sejarah,“ ujar Kapolres.

Dikatakannya, perselisiahan warga dua desa beberapa waktu lalu tersebut disebabkan adanya saling klaim tapal batas wilayah antar kedua desa mereka, dimana, warga Desa Pintu Padang II mengklaim bahwasanya tugu pejuang Benteng Huraba yang berada tepat disamping Masjid Benhur masuk wilayah mereka. 

Begitu juga sebaliknya, warga Desa Benteng Huraba juga mengklaim monumen kemerdekaan tersebut masuk dalam wilayah mereka.

Bersama perwakilan dari Kodim 0212/TS dan parat pemerintahan Kabupaten Tapsel, kata Kapolres, pihaknya mempertemukan kedua belah pihak dan menghasilkan kesepakatan bersama dan saling menjalin kebersamaan menuju kondusivitas Kamtibmas di wilayah mereka melalui kegiatan gotroy membersihkan dan merenovasi Masjid Benteng Huraba yang lokasinya tepat diperbatasan ke dua desa.

“Kami tidak ingin warga kedua desa saling ribut yang bisa berujung buruk terhadap keamanan di wilayah hokum Polres Tapsel, sehingga melalui kesepakatan besama kami mengambil inisiatif melalui perdamaian yang kami mediasi langsung guna meredakan ketegangan yang telah lama terjadi,“ ujar Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, Masjid Benteng Huraba tersebut lokasinya cukup strategis dan memiliki sejarah dan sangat memungkinkan Masjid tersebut dijadikan salah satu cagar budaya di Kabupaten Tapsel khususnya di Kecamatan Batang Angkola.

“Masjid Benteng Huraba dan monument perjuangan Benteng Huraba yang tempatnya saling berdekatan ini memiliki hubungan sejarah yang berkaitan, sehingga ke dua bangunan tersebut cocok dijadikan objek wisata cagar budaya di Kabupaten Tapsel khususnya di Kecamatan Batang Angkola,“ jelas Kapolres.

Kapolres mengimbau kepada warga dua desa agar Masjid Benteng Huraba ini terus dijaga dan dimakmurkan. Demikian juga monument perjuangan Benteng Huraba tetap dilestarikan karena merupakan saksi dan bukti sejarah perjuangan melawan penjajah.

“Saya harap Masjid init tetap dijaga dan dimakmurkan serta dimanfaatkan untuk beribadah, tidak saja bagi warga dua desa tapi juga bagi musafir dan mari jaga kedamaian, silaturrahim dan keharmonisan seluruh warga di sini,“ katanya.  

Terpisah, tokoh pemuda Kecamatan Batang Angkola Thamrin Nasution mengapresiasi kegiatan gotroy yang diprakarsai Kapolres Tapsel AKBP. Mohammad Iqbal, S.Ik, M.Si bersama Dandim 0212/TS Letkol (Arm) Azhari, SIP, mengingat Masjid Benteng Huraba tersebut memiliki nilai historis dan dibangun pada tahun 1986 oleh para pelaku sejarah perjuangan TNI dan Polri (Brimob-red) saat melawan penjajahan Belanda di Batang Angkola.

Dikatakannya, dari cerita orang-orang tua mereka, Masjid Benteng Huraba tersebut dibangun oleh para pelaku sejarah perjuangan melawan Belanda dari kalangan TNI dan Polri diantaranya Mayjen Parwis Nasution, Mayor Bejo, dll untuk mengingatkan kep ada generasi muda bahwa di tempat itulah para pejuang melakukan perlawanan kepada penjajah Belanda.

“Makanya Monumen Benteng Huraba dan Masjid Benteng Huraba ini dijadikan satu kesatuan sejarah yang tak terpisahkan dan kami dari kalangan pemuda mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres Tapsel dan bapak Dandim 0212/TS atas kepeduliannya melestarikan bangunan sejarah ini,“ tegas Thamrin.  (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar Anda

Berita Terkini