KPU Paluta Verifikasi Faktual Di Kantor Partai Demokrat

Harian 9 author photo
Ketua DPD Partai Demokrat Paluta Basri Harahap beserta pengurus lainnya berfoto bersama ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP usai pelaksanaan proses verifikasi faktual Partai Demokrat Paluta, Kamis (1/2). (Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Kawas Utara melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Demokrat kabupaten Paluta di sekretariatnya Jl Lintas Gunungtua-Padangsidimpuan Km 7, lingkungan I, Pasar Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak, Kamis (1/2).

Sesuai peraturan MK Nomor 53 PUU-XV/2017, KPU sebagai penyelenggara Pemilu Diharuskan melaksanakan verifikasi faktual terhadap partai politik peserta Pemilu 2019 mendatang.

Dalam proses verifikasi faktual tersebut, tim KPU yang dipimpin langsung oleh ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP disambut oleh ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Paluta Basri Harahap didampingi Sekretaris Abdul Muin Siregar bersama sejumlah elit Partai Demokrat Paluta dan ratusan pengurus dan kader dari berbagai kecamatan yang ada di Paluta.

Ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP mengatakan terdapat beberapa hal yang menjadi aspek yang diverifikasi termasuk struktur kepengurusan, keterwakilan perempuan dan domisili kantor.

"Ada beberapa aspek yang menjadi penilaian kami untuk diverifikasi diantaranya struktur kepengurusan, keanggotaan parpol yang minimal tersebar di 6 kecamatan atau 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada, keterwakilan perempuan di dalam struktur dan kepengurusan partai minimal 30 persen, domisili kantor DPD sendiri dan yang lainnya," katanya.

Ditambahkannya, KPU akan segera menyampaikan hasil verifikasi kepada Parpol pada 2 Februari 2018 dan jika ada yang masih belum memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, selanjutnya diberikan waktu untuk perbaikan yakni pada tanggal 3-5 Februari dan hasil verifikasi seluruh partai politik akan diumumkan.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan proses verifikasi faktual ke parpol lainnya dan ditargetkan hari ini proses verifikasi faktual kepada seluruh parpol yang ada di Paluta selesai.

Sementara, ketua DPD Partai Demokrat Paluta Basri Harahap mengucapkan terima kasih kepada pihak KPU Paluta beserta rombongan ke kantor Partai Demokrat Paluta dalam rangka melaksanakan verifikasi faktual parpol.

"Pengurus Demokrat Paluta berasal dari berbagai elemen masyarakat dan kita sudah melaporkan data kepengurusan dan berkas lainnya yang dibutuhkan KPU untuk di verifikasi faktual," ujarnya.

Dikatakannya, dirinya optimis bahwa Partai Demokrat Paluta akan lolos proses verifikasi faktual dengan baik dan jika memang masih ada berkas atau persyaratan lainnya yang belum lengkap, pihaknya akan segera melengkapi dan membenahinya.

Pantauan, pihak Panwaslih Paluta terlihat ikut mendampingi tim KPU Paluta yang melaksanakan proses verifikasi faktual di kantor DPD Partai Demokrat Paluta. (kadek9)
Editor: Mardan H Siregar
























Komentar Anda

Berita Terkini