Menkeu: Pers, Partner Pemerintah Menjalankan Tugasnya

Harian 9 author photo
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati memberikan keynotespeech dalam acara peringatan Hari Pers Nasional di hotel Grand Inna Padang Sumatera Barat (08/02). (Foto: kemenkeu)

PADANG| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa pemerintah membutuhkan pers sebagai partner untuk menjalankan tugasnya. 

Melalui pers, pemerintah menerima feedback dan kontrol serta check and balance terhadap keputusan atas kebijakan program pemerintah. Hal tersebut dikemukakannya pada acara peringatan Hari Pers Nasional dengan tema “Iklim Bermedia Yang Sehat dan Berimbang: Mempertahankan Eksistensi Media Massa dan Nasional Dalam Lanskap Komunikasi Informasi Global” di hotel Grand Inna Padang Sumatera Barat, Kamis (08/02).

"Pemerintah menggunakan pers untuk menyalurkan informasi dan memberitahukan atau mengedukasi, menyampaikan kebijakan dan berbagai program pembangunan yang dilakukan pemerintah," ujarnya. 

Ditambahkannya, di era digital seperti sekarang ini, data atau informasi sama seperti minyak dan gas pada tahun 70-80an yang bisa membuat suatu negara kaya mendadak. 

Selain itu, saat ini media dihadapkan pada tantangan yang sangat serius. Di era digital setiap orang bisa membuat berita dan menyebarkannya dengan mudah sehingga mudah pula muncul berita palsu, tendensius, partisan ataupun provokatif yang cepat memojokkan sekelompok golongan termasuk pemerintah.

"Dalam tantangan sulit ini yang tidak lekang adalah sikap dasar yaitu kejujuran integritas dan kesetiaan terhadap keadilan. Bagi dunia pers sikap tersebut makin dibutuhkan kemampuan untuk menyajikan informasi yang akurat kredibel dan obyektif kepada masyarakat," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, diajaknya, para insan pers untuk ikut berkarya dan menjaga negara Republik Indonesia. Pemerintah membutuhkan pers untuk menjadi sarana penanaman pemahaman akan informasi yang aktual serta kredibel tentang pertumbuhan ekonomi dan kondisi keuangan negara atau APBN. (kemekeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini