Menkeu: Satu Dekade Terakhir, Pencapaian Indonesia Lebih Baik Dibanding Negara BRICS

Harian 9 author photo
Ilustrasi

JAKARTA| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, dalam satu dekade terakhir, kinerja perekonomian Indonesia lebih baik dibandingkan negara-negara berkembang lainnya, termasuk BRICS (Brazil, Rusia, India, China, Afrika Selatan). 

Hal tersebut disampaikannya, pada acara Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmont, Rabu (07/02).

Bukti beberapa pencapaian internasional yang berhasil dicapai Indonesia adalah membaiknya peringkat Indonesia pada Ease of Doing Business dari peringkat 91 menjadi peringkat 72, Global Competitiveness Index meningkat dari peringkat 91 menjadi 36, perolehan peringkat investasi dari 4 lembaga rating, serta peringkat pertama pada Gallup World Poll,  menempatkan Indonesia bersama Swiss sebagai salah satu negara dengan level kepercayaan kepada Pemerintah yang tertinggi.

Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017 yang mencapai sebesar 5,07 persen diperkirakan akan meningkat dan stabil. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus melakukan reformasi struktural, baik dalam reformasi institusional, reformasi dalam bidang peraturan, dan juga reformasi dalam bidang fiskal agar pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkelanjutan dapat tercapai.

Reformasi institusional berfokus untuk menjadikan institusi pemerintahan yang menerapkan prinsip kepemerintahan yang baik dan mampu beradaptasi terhadap perubahan, reformasi dalam bidang peraturan berfokus agar peraturan yang dibuat mampu mendukung inovasi, kompetisi dan juga pertumbuhan. 

Sedangkan reformasi bidang fiskal akan berfokus kepada manajemen kebijakan fiskal yang lebih efektif dan efisien. 

“Kami akan terus melakukan reformasi politik, yaitu menjalankan reformasi tersebut,” tegasnya.

Salah satu reformasi bidang fiskal yang telah dijalankan adalah pelaksanaan amnesti pajak sebagai salah satu bagian dari reformasi bidang perpajakan. 

Amnesti pajak tujuan utamanya adalah untuk memperkuat database pajak juga akan didukung dengan pelaksanaan Automatic Exchange of Information (AEOI) yang bertujuan untuk menghindari base erosion dan profit shifting.

Dijanjikannya, pemerintah akan secara konsisten dan terus menerus meningkatkan iklim berinvestasi agar tercipta kondisi yang baik dan stabil agar kegiatan bisnis dapat terus maju dan sejahtera. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 









Komentar Anda

Berita Terkini