Menkeu: Tantangan Pendidikan Indonesia, Kualitas Bukan Anggaran

Harian 9 author photo
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati memberikan kuliah umum di Convention Hall Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat (08/02). (Foto: kemenkeu)

PADANG| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, tantangan Indonesia dari sisi pendidikan bukanlah dari sisi anggaran, tetapi dari sisi kualitas pendidikan saat ini. 

Demikian disampaikannya saat memberikan Kuliah Umum di Convention Hall Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, pada Kamis (08/02).

"Tantangannya bukan menghabiskan uang sekitar Rp444 triliun tahun ini, tetapi membuat kualitas pendidikan menghasikan manusia yang baik," ungkapnya.

Untuk itu, disampaikannya, apresiasinya kepada universitas Andalas karena ikut berupaya mencerdaskan Indonesia dengan membangun pusat-pusat kajian melalui dana transfer daerah yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK).

"Saya berterima kasih. Sampai hari ini Universitas Andalas termasuk center yang ikut mencerdaskan daerah-daerah. Saya ingin center itu terus dilakukan. Maka saya minta kepada Dirjen Perimbangan Keuangan terus mengembangkan center-center di daerah untuk meningkatkan kualitas dari Pemerintah Daerah karena desentralisasi dan otonomi daerah, transfer dana (dilakukan) langsung ke daerah," ungkapnya.

Menurutnya, pertumbuhan harus inklusif yaitu seluruh masyarakat mampu berpartisipasi dan ikut menikmati hasilnya. 

Oleh karena itu, ditegaskannya, generasi sekarang ialah pemegang estafet larinya negeri ini menuju cita-cita bangsa selama lebih dari 7 dasawarsa sesudah kemerdekaan dicanangkan.

"Itu yang saya anggap sebagai tanggung jawab moral kita semua. Siapapun Anda, posisi apapun, usia berapapun harus punya komitmen. Itu yang disebut setiap masa anda punya kontribusi," tegasnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar Anda

Berita Terkini