Progres Pendampingan Pertanian Kodim 0824 Jember

Harian 9 author photo
Perwira Seksi Teritorial Kodim 0824 Jember Kapten Arm M Ismuni yang menyatakan bahwa program pendampingan pertanian dalam menunjang terwujudnya ketahanan pangan nasional memalui upaya khusus yang dilakukan eksis dilakukan di lapangan oleh Jajaran Koramil melalui peran Babinsa. (Foto: Sis24)


JEMBER| HARIAN9
Sebagai bagian dari ketahanan nasional prgram ketahanan pangan juga menjadikan perhatian TNI dalam tugas pokoknya  dalam memberdayakan potensi pertahanan wilayah, melalui pendampingan pertanian yang juga mempedomani nota kesepahaman Kementrian Pertanian RI dengan TNI AD.

Seperti yang aktif dilakukan Kodim 0824 beserta jajaran dalam melaksanakan pendampingan pertanian yang dilakukan oleh Babinsa bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) selaku pelaksananya.

Hingga Jumat (23/02/2018) Pukul 08.00 WIB, berdasarkan hasil konfirmasi kepada Perwira Seksi Teritorial Kodim 0824 Jember Kapten Arm M Ismuni yang menyatakan bahwa program pendampingan pertanian dalam menunjang terwujudnya ketahanan pangan nasional memalui upaya khusus yang dilakukan eksis dilakukan di lapangan oleh Jajaran Koramil melalui peran Babinsa.

Dari hasil laporan jajaran telah dihimpun perkembangan progres data pendampingan pertanian untuk Kabupaten Jember hingga saat ini di mana untuk Luas Tambah Tanam (LTT) hingga Minggu III Pebruari 2018 mencapai 4.756 Ha.

Untuk estimasi rencana panen Minggu IV Bulan Pebruari 2018 sekitar 2.199 ha, dengan indek pertanaman 1,94 pada musim tanam I (Oktober 2017- Maret 2018) dengan produksi diperkirakan dalam taksiran rendah 7 ton/Ha dan taksiran tertinggi 10 ton/Ha.

Kemudian untuk penyediaan sarana dan prasarana pendukung seperti pupuk sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) bagi Kabupaten Jember di musim tanam I ini NPK 29.429 ton, sedangkan Urea sebanyak 3.174 ton dan hal ini sesuai dengan kesepakatan dan kebutuhan petani  dengan penyedia pupuk bersubsidi tersebut.

Dari hasil pendampingan, pengawasan dan pengecekkan stock hingga saat ini masih relatif aman dalam arti tidak ada penyalahgunaan  dan dapat memenuhi untuk kebutuhan petani di Kabupaten Jember hingga habisnya musim tanam I ini.  
    
Menyikapi hal tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada anggota jajaran yang telah melaksanakan pendampingan dengan baik, karena hingga saat ini belum terdapat kendala signifikan dibidang pertanian misalnya serangan hama atau bencana alam, sehingga diharapkan produksi pertanian Kabupaten Jember ini akan meningkat pada musim panen Maret 2018 nanti.

Terkait dengan progres data yang telah disampaikan diatas yang merupakan hasil laporan dari jajaran Kodim 0824 yang dihimpun oleh Staf Teritorial, disamping dapat dijadikan sebagai bahan informasi kepada masyarakat hal tersebut juga sebagai wujud pertanggungjawaban kita TNI dalam Hal ini Kodim 0824 sebagai pelaksana pendampingan tersebut.

"Terlepas dari prestasi yang sudah kita dapat dimana Kodim 0824 Jember memperoleh Juara I Serapan Gabah Petani Tingkat Nasional, saya berharap anggota tetap bekerja optimal guna mencapai hasil yang maksimal dalam mewujudkan kemantapan ketahanan pangan nasional, kalau itu kita lakukan dengan tulus dan ikhlas prestasi tersebut pasti akan kita dapatkan kembali," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar

Komentar Anda

Berita Terkini