Bakamla RI-USCG Bahas Rencana Aksi Capacity Building

Harian 9 author photo
Delegasi US dipimpin Ambassador Joseph R. Donovan, Jr. melaksanakan kunjungan kerja ke Bakamla RI, diterima langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. beserta jajarannya di Kantor Pusat Bakamla RI Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56 Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018). (Foto: Humas Bakamla RI)

JAKARTA| HARIAN9
Delegasi US dipimpin Ambassador Joseph R. Donovan, Jr. melaksanakan kunjungan kerja ke Bakamla RI, diterima langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. beserta jajarannya di Kantor Pusat Bakamla RI Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56 Jakarta Pusat, Senin (19/3/2018).

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka pembahasan lebih lanjut terkait Implementasi Kerja Sama dan Rencana Kerja Bakamla RI - US Coast Guard dalam hal capacity building. 

Hal ini guna menindaklanjuti Workplan yang telah ditandatangani kedua belah pihak pada saat kunjungan Kepala Bakamla RI ke USCG pada Desember 2017, dan telah dibahas pula pada Februari lalu dengan materi penyusunan program-program pelatihan untuk Bakamla RI. 

Pada pertemuan kali ini, kedua pihak memperdalam pembahasan konkrit rencana pelaksanaan pelatihan untuk ABK KN Tanjung Datu 1101, CPNS Bakamla RI, personel di Zona-Zona Bakamla RI, serta pelatihan manajerial di US. 

Selain itu Bakamla RI juga menyambut baik rencana assistensi dari US Coast Guard dalam rangka pembangunan Pusdiklat Bakamla

Selain pembahasan secara teknis, rencananya Tim USCG juga akan melakukan kunjungan ke Batam untuk melihat Pangkalan Bakamla RI di Barelang yang direncanakan akan dijadikan Small Boat Operation Training Center. 

Tim USCG juga dijadwalkan melakukan kunjungan ke KN. Tanjung Datu 1101.

Beberapa inisiatif lain juga diusulkan oleh Bakamla RI pada pertemuan tersebut, yaitu peningkatan kapasitas dalam bentuk workshop/seminar guna membahas isu-isu keamanan laut terkini, antara lain pentingnya menyusun Code of Conduct for Coast Guard/Maritime Law Enforcement Agency, dan Kerja sama pertukaran informasi untuk menanggulangi kejahatan transnasional di laut.

Turut serta dalam delegasi US yaitu Director of the International Narcotics and Law Enforcement Office US Embassy Greg Wiegand, Director of Maritime Programs/Director of Education and Training, Office of Defense Cooperation US Embassy LCDR Curtis Gobert, dan Deputy Political Counselor, Political Section US Embassy Geneva Menscher.

Sementara itu Kepala Bakamla RI didampingi Sestama Marsda TNI Widiantoro, M.B.A., Deputi Jakstra Irjen Pol Arifin, M.H., Deputi Inhuker Irjen Pol Dr. Drs. Abdul Gofur, S.H., M.H., Deputi Opslat Laksma TNI Semi Joni Putra, Inspektur Kombes Pol. Drs. Sarono, M.H., Plt. Kepala Biro Umum Kolonel Marinir Sandy M. Latief dan Plt. Direktur Kerja Sama Dade Ruskandar, S.H., M.H. (Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono).rel/03.
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar Anda

Berita Terkini