Desa Sampean Sipirok Menuju Desa Binaan Terbaik Tingkat Provinsi

Harian 9 author photo
Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu disambut siswa SD, saat mengunjungan Desa Sampean Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel, Selasa (27/3). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Desa Sampean Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mulai mempersiapkan diri menuju lomba Desa binaan terbaik kategori Posyandu untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 mewakili Kabupaten Tapsel.   

Persiapan yang dilakukan Desa Sampean tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu dengan melakukan sosialisasi menuju lomba Desa binaan terbaik, di Gedung Madrasah Desa Sampean Kecamatan Sipirok, Selasa (27/3).

Kegiatan sosialiasi dihadiri pengurus TP PKK Kabupaten Tapsel, Kepala Dinas Kesehatan Tapsel diwakili Kabid Sumber Daya Kesehatan Suryadi, S.Sos, Camat Sipirok Sardin Hasibuan, Ketua TP PKK Kecamatan Sipirok, Kepala UPTD Puskesmas Danau Marsabut, Ketua PKK Desa/Lurah se-Kecamatan Sipirok, Ketua BPD Desa Sampean Musannif Pane, PPL KB, Perwakilan Dinas Kesehatan, dan Kader Posyandu Desa Sampean.

“Saya apresiasi atas antusiasme warga Desa Sampean utamanya kaum bapak yang cukup ramai datang ke acara sosialisasi ini, yang tentunya bukan hanya sekedar untuk mendengarkan arahan dari Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel saja, tapi ini bisa dijadikan modal awal yang sangat bagus dalam mempersiapkan segala sesuatu di Desa tersebut untuk ikut lomba Desa Binaan kategori Posyandu tingkat Provinsi,“ ujar Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu.

Dikatakannya, ditetapkannya Desa Sampean mewakili Kabupaten Tapsel mengikuti lomba di tingkat Provinsi Sumut, berdasarkan SK Bupati Tapanuli Selatan Nomor 188.45/60 KPTS Tahun 2018.

“Saya meminta kepada seluruh masyarakat Desa Sampean agar melengkapi semua indikator untuk menjadi juara dengan dilandasi sifat kerja keras dan ikhlas, serta tetap menjalin kekompakan sesama warga di sini,“ ujarnya.

Sementara Kepala Desa Sampean Ali Thoib Siregar memaparkan profil Desa Sampean kepada rombongan TP PKK kabupaten Tapsel, yang menyebutkan, Desa Sampean dihuni 250 Kepala Keluarga dengan jumlah jiwa 915 orang yang terdiri dari tiga dusun yaitu Dusun Sampean, Dusun Poldung Dolok, dan Dusun Poldung Lombang.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Tapsel diwakili Kabid Sumber Daya Kesehatan Suryadi, S.Sos selaku koordinator dan penanggungjawab Desa Binaan, meminta agar Posyandu di Desa Sampean diintegrasikan dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pihaknya siap bekerja sama dengan unsur perangkat Desa Sampean dalam memfasilitasi Desa tersebut menjadi Desa Binaan Kategori Posyandu.

Kepala UPTD Puskesmas Danau Marsabut Kecamatan Sipirok Mawarni Batubara juga menyatakan kesiapannya untuk sewaktu-waktu turun ke lapangan dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat Desa Sampean.

Usai acara, Ketua TP PKK Tapsel juga menyerahkan bantuan berupa panci stainles yang dilengkapi dengan mangkok serta sendok bubur kepada Posyandu Desa Sampean, yang nantinya akan dipergunakan untuk mendukung program Poyandu Desa Sampean. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini