Hadiri AEM Retreat ke-24 dan Pertemuan Terkait Lainnya, Mendag Bertolak ke Singapura

Harian 9 author photo


SINGAPURA| HARIAN9
Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita bertolak ke Singapura hari ini, Rabu malam (28/2). Mendag diagendakan menghadiri Pertemuan Menteri-Menteri Ekonomi ASEAN ke-24 (24thASEAN Economic Ministers' Retreat/AEM Retreat) dan Pertemuan Menteri Terkait Lainnya, yang akan berlangsung pada 28 Februari–3 Maret 2018. 

Pertemuan yang bertajuk "Resilient and Innovative" ini akan dipimpin oleh Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Lim Hng Kiang.

"Beberapa isu yang akan dibahas dalam rangkaian AEM Retreat ke-24 adalah Implementasi Cetak Biru MEA 2025 dalam memperdalam integrasi ekonomi kawasan, Persiapan pertemuan konsultasi AEM dengan EU Trade Commissioner, dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Selain itu, akan dibahas pula usulan capaian ekonomi prioritas yang diusung Singapura sebagai Ketua ASEAN 2018," ungkap Enggar.

Rangkaian pertemuan AEM selama di Singapura kali ini meliputi AEM Retreat ke-24, AEM-European Union Trade Commisioner Consultations ke-16, Ministerial Panel ASEAN-European Union Business Summit ke-6, Inter-sessional Regional Comprehensive Economic Partnership Ministerial Meeting ke-4, serta beberapa pertemuan bilateral dengan Malaysia, Brunei Darussalam, Selandia Baru, Jepang, India, Chairman of EU-ASEAN Business Council, dan EU Trade Commissioner.

Preparatory Senior Economic Officials' Meeting

Pada Rabu (28/2), telah digelar terlebih dahulu Preparatory Senior Economic Officials’ Meeting (Prep-SEOM) yang didahului dengan SEOM Working Dinner pada tanggal 27 malam.

Pertemuan tersebutbertujuan membahas dan menetapkankegiatan yang akan disampaikan kepada Menteri-Menteri Ekonomi ASEAN dalam forum AEM Retreat ke24 dan pertemuan Menteri Terkait Lainnya.

Beberapa isu yang akan dibahas dalam Prep-SEOMadalah perkembangan integrasi ASEAN khususnya di bidang jasa, perkembangan perundingan ASEAN Trade in Services Agreement (ATISA), dan persiapan konsultasi antara Menteri Ekonomi ASEAN danEU Trade Commissioner.

Selain itu, terdapat juga pertemuan yang membahas perkembangan penandatanganan ASEAN-Hong Kong Free Trade Agreement (AHKFTA), ASEAN-Hong Kong Investment Agreement (AHKIA), dan Mutual Recognition Agreement on Inspection and Certification System on Food Hygiene for Prepared Foodstuff, dan perkembangan pembahasan Automatic MFN under ASEAN Trade in Goods Agreement pada 27 Februari 2018. (rel/03)
Editor: Mardan H Siregar 






Komentar Anda

Berita Terkini