Kebakaran di Padangsidimpuan, Enam Rumah Jadi Abu

Harian 9 author photo
Warga masyarakat membersihkan puing puing sisa kebakaran yang terjadi di Jalan Nusa Indah, Kelurahan Wek V Kecamatan Padangsidimpuan Selatan kota Padangsidimpuan, Minggu (18/3) sekira pukul 10.00 WIB. (Foto: Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Sebanyak 6 unit rumah di Jalan Nusa Indah, Kelurahan Wek V Kecamatan Padangsidimpuan Selatan kota Padangsidimpuan, ludes jadi abu dilalap si jago merah, Minggu (18/3) sekira pukul 10.00 WIB.

Ke- 6 rumah yang terbakar tersebut masing-masing milik Jalar Pulungan (60), Mansur (32), Abdullah (35), Dumek (42), Samsul (60) dan Yusup (32). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai  ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan, kebakaran terjadi sekira pukul 10.00 WIB, saat itu hampir semua warga sekitar sedang memulai aktivitasnya.  

Namun salah satu warga Dani (24) melihat kepulan api yang muncul tidak jauh dari rumahnya dan warga tersebut berteriak, ‘kebakaran’, sambil memanggil orang yang melintas untuk segera memberi pertolongan memadamkan api.

Sejumlah warga yang mengetahui kejadian tersebut langsung panik dan berusaha untuk memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya. Namun karena memang api terlalu besar, warga kesulitan.

Tidak berapa lama, enam unit mobil pemadan kebakaran (damkar) dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Padangsidimpuan  dibantu water canon dan mobil tangki milik kepolisian dari Polres Padangsidimpuan yang datang silih berganti memcoba memadamkan api dengan cara menyemprotkan air ke bahagian rumah yang terbakar.

Namun, hanya berselang 5 menit api sudah membesar dan merembet ke rumah ssekitar yang berdampingan dan setengah jam kemudian 6 rumah sudah hangus terbakar, mengingat seluruh bangunan rumah rata rata terbuat dari papan.

Api baru dapat dipadamkan sekira pukul 10.40 WIB berkat kerjasama warga, TNI, Polri, dibantu masyarakat serta Damkar BPBD Kota Padangsidimpuan dan water canon Kepolisian. Sementara di lokasi kejadian aparat keamanan dari Polres Padangsidimppuan berjaga-jaga dan sebagian personil mengatur lalulintas untuk menghindari kemacetan. 

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi baik dari pihak Kepolisian maupun BPBD Kota Padangsidimpuan asal usul api serta jumlah kkerugian, karena masih dilakukan olah Kejadian Tempat Perkara (TKP). (Wan9)
Editor : Mardan H Siregar 




Komentar Anda

Berita Terkini