Menkeu Apresiasi Dialog Tingkat Tinggi Indonesia-Australia

Harian 9 author photo
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati memberikan sambutan dalam acara forum Indonesia-Australia High Level Policy Dialogue di Aula Gedung Juanda I Kementerian Keuangan, Jakarta (26/03). (Foto: kemenkeu)

JAKARTA| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasinya kepada Australia untuk berdiskusi dengan Indonesia mengenai beberapa kebijakan fiskal di Indonesia yang perlu ditingkatkan. 

Hal ini disampaikannya dalam forum Indonesia-Australia High Level Policy Dialogue "Better Government Budget Management in Globalized Economy" di Aula Gedung Juanda I Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (26/03). 

Seperti diketahui, desentralisasi fiskal dilakukan agar rakyat Indonesia lebih mendapat pelayanan yang lebih baik dari Pemerintah. Beberapa isu pengelolaan anggaran desentralisasi fiskal antara lain Dana Transfer Daerah, Dana Desa (DD), Dana Insentif Daerah (DID), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan otonomi daerah.

Selain itu, permasalahan yang diulas juga tidak hanya berkisar pada anggaran namun juga terkait kemampuan Kepala Daerah yang belum bisa mengelola dana-dana tersebut sesuai akuntabilitas dan maraknya permintaan kelurahan yang meminta diubah statusnya menjadi desa agar bisa mendapatkan Dana Desa. 

Oleh karena itu, diharapkannya, masukan dari dialog tingkat tinggi antara Indonesia dan Australia ini agar Indonesia bisa belajar dan kedua belah pihak dapat saling belajar menciptakan kebijakan yang sesuai.

"Kami sangat ingin mendengar dari Anda semua bagaimana Indonesia dapat melangkah maju dalam menyeimbangkan anggaran yang lebih sehat antara Pemerintah Pusat dan transfer ke Pemerintah Daerah. Saya senang dengan ide yang terus mendukung hubungan yang baik dan kuat dengan Australia. Saya bisa belajar dan di waktu yang sama, kedua belah pihak juga bisa saling menarik pelajaran," ungkapnya. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar




Komentar Anda

Berita Terkini