Menkeu Minta Bea Cukai Bantu Desa yang Akan Melakukan Ekspor

Harian 9 author photo
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasan dalam acara diseminasi Dana Desa di Kantor Walikota Tidore (08/03). (Foto: kemenkeu)


TIDORE| HARIAN9
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta kepada para Walikota untuk memperhatikan barang-barang yang diproduksi dari setiap desa di Tidore dan meminta jajaran Bea dan Cukai agar membantu apabila ada produk yang siap ekspor. 

"Salah satu potensinya yang luar biasa karena ini daerah kepulauan adalah kualitas ikan yang luar biasa segar. Saya dengar dari jajaran Bea dan Cukai pertama kali Tidore (bisa) ekspor langsung ke Jepang. Pertama sekali 17 tahun yang lalu (tapi) sekarang tidak lagi," katanya dalam rangkaian kunjungan kerja ke Ternate dan Tidore untuk melakukan diseminasi Dana Desa  pada Kamis (08/03) di kantor walikota Tidore.

Kepala desa harus mempelajari produk dan kualitasnya, kemudian bertahap meningkatkan kemampuan desa dalam memproduksi barang tersebut.  Tiap-tiap desa sebaiknya tidak memproduksi barang yang sama, sementara pasarnya terbatas atau bahkan tidak ada. 

Masyarakat (desa) harus tahu barang apa yang diminati pasar nasional atau internasional. Untuk itu, Menkeu membuka akses informasi serta konsultasi bagi Kepala Desa yang ingin melakukan ekspor. Tim Direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan siap membantu.

Selain itu, dijelaskannya, bahwa desa perlu membuat program yang sifatnya fokus misalnya membangun infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat menggunakan material yang ada di desa tersebut ataupun membangun sanitasi. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini