Padangsidimpuan Siapkan 7 Atlet Tinju Hadapi Porwil Sumut IV

Harian 9 author photo
Ketua KONI Kota Padangsidimpuan H. Syaiful Jamil Hasibuan, ST foto bersama dengan pelatih dan atlit tinju Kota Padangsidimpuan yang akan diterjunkan ke Porwil Sumut IV tahun 2018, Minggu (18/3). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Pengurus Kota (Pengko) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Padangsidimpuan menyiapkan 7 atlet tinju yang akan diturunkan pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera Utara (Sumut) IV yang akan berlangsung di Kota Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bulan April mendatang.

“Ke-7 atlet tinju tersebut sudah menjalani pemusatan dan latihan daerah (training centre) yang merupakan bagian terpenting untuk persiapan menghadapi Porwil Sumut IV,“ ujar pelatih tinju Porwil Kota Padangsidimpuan Budi Muda Sihotang di Padangsidimpuan, Minggu (18/3)

Budi menyebutkan, ke-7 petinju yang siap untuk diterjunkan pada Porwil Sumut IV tersebut yakni, Ansoro Alwi Harahap (kelas 46 Kg), Abdullah Siregar (49 Kg), Syakban Andika Ritonga (52 Kg), Rizki (56 Kg), Banban Simatupang (60 Kg), Mhd. Nurdin (64 Kg) dan Pardomuan (69 Kg).

Dikatakannya, TC yang dijalani atlit tinju Kota Padangsidimpuan direncanakan selama tiga bulan, dengan porsi latihan ssetiap hari selama dua jam (16.00 Wib s/d 18.00 Wib), kecualli hari libur dan TC ini memasuki bulan ke dua.

“Para petinju terus digenjot dengan latihan taktik, teknik serta strategi dan hasil timbang badan juga tidak ada masalah. Kita juga instruksikan bagi semua untuk beristirahat dengan baik dan tetap menjaga kesehatan,“ katanya.

Selain persiapan tekhnik dan fisik, peran mental juga menjadi hal yang cukup fundamental bagi atlet saat turun di kompetisi.Mmakanya kita jauh-jauh hari TC, sehingga hasilnya pun bisa  maksimal.

Ia juga optimis ke 7 petinjunya itu akan lolos ke Porprov, apalagi prestasi yang di raih petinju Kota Padangsidimpuan yang diterjunkan di berbagai turnamen cukup membanggakan seperti, Abdullah Siregar yang pernah ikut PON tahun 2010 mewakili sumut, Syakban Andika Ritonga yang pernah 3 kali meraih emas di Kejurda tinju junior, serta prestasi petinju lainnya.

“Hanya saja, kami masih mengalami kendala terhadap kelengapan sarana tinju seperti sarung tinju yang masih kurang dan sansak untuk latihan. Kiranya ini bisa menjadi perhatian Komite Olagraga Nasional Indonesia (KONI) Padangsidimpuan demi meriah prestasi yang lebih baik lagi,“ jelasnya.

Sementara, Ketua KONI Kota Padangsidimpuan H. Syaiful Jamil Hasibuan, ST mengungkapkan, menghadapi Porwil tersebut pihaknya sangat serius menyiapkan atlet tinju, mengingat ajang itu juga bagian dari babak kualifikasi untuk bisa lolos pada Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) 2018.

Untuk Cabang Olahraga (Cabor) tinju Wilayah IV akan diikuti 10 daerah yakni Kota Padangsidimpuan, Kota Sibolga, Kota Gunung Sitoli, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Tapanuli Tengah dan Kabupaten Nias Utara.

Diakuinya, peluang petinju Kota Padangsidimpuan pada Porwil Sumut IV yang diikuti 10 daerah cukup terbuka lebar. Namun yang terpenting pada Porwil Sumut IV ini Kota Padangsidimpuan mampu meloloskan atlet tinjunya sebanyak mungkin.

“Secara umum tim tinju Kota Padangsidimpuan mengincar posisi juara umum perolehan medali dan diharapkan capaian dari cabor tinju dapat lebih baik dan target ini juga cukup realistis,” ungkap Jamil.

Dipintanya, dukungan dari semua pihak untuk mengembalikan kejayaan Kota Padangsidimpuan di bidang olahraga dan ini saatnya Kota Padangsidimpuan kembali berkiprah mengukir nama baik Kota Padangsidimpuan di bawah kepemimpnan bapak Pj. Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM. (Wan9)
Editor : Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini