Panglima TNI: Baksos Kesehatan TNI Bantu Masyarakat Secara Langsung

Harian 9 author photo
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. pada acara Baksos Kesehatan TNI yang berlangsung dari tanggal 17 s.d 24 Maret 2018 di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) Dr. Suhardi Hardjolukito, Yogyakarta, Senin (19/3/2018). (Foto: Puspen TNI)

YOGYAKARTA| HARIAN9
Dalam setiap kegiatan di mana pun berada, TNI akan terus berupaya untuk membantu masyarakat secara langsung melalui kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan TNI kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan-kegiatan seperti ini sesuai dengan motto TNI “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dalam sambutannya pada acara Baksos Kesehatan TNI yang berlangsung dari tanggal 17 s.d 24 Maret 2018 di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Udara (RSPAU) Dr. Suhardi Hardjolukito, Yogyakarta, Senin (19/3/2018).

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, program Baksos Kesehatan TNI dapat  dilakukan secara rutin dengan menyesuaikan kondisi masyarakat di sekitarnya, khususnya pemberian kaki palsu kepada masyarakat yang berada di daerah-daerah guna  membantu masyarakat untuk bisa berjalan, Operasi Bibir Sumbing dan Katarak merupakan program yang menjadi prioritas. 

“Kegiatan Bakti Kesehatan merupakan salah satu cara untuk mengatasi kesulitan masyarakat sekitar,” ucapnya.

“Pada kegiatan Baksos Kesehatan TNI kali ini, berdasarkan data telah berhasil melakukan Operasi Katarak kepada 92 orang, Operasi Bibir Sumbing 45 orang, Khitanan 35 orang dan pemberian Kaki Palsu 45 orang,” kata Panglima TNI.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa dengan mengerahkan kekuatan personel TNI yang didukung dengan Kapal Rumah Sakit dan pesawat angkut, diharapkan program-program Baksos Kesehatan TNI yang dilaksanakan dapat memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada masyarakat diseluruh wilayah Indonesia.

“TNI memiliki kemampuan untuk memberikan dukungan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan menggunakan obat-obatan yang dihasilkan oleh Lembaga Farmasi jajaran TNI (AD, AL, AU),” ungkapnya.

Sementara itu, menjawab pertanyaan awak media terkait kegiatan Baksos Kesehatan TNI, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa kehadirannya adalah untuk melihat secara langsung kegiatan pelayanan kesehatan di RSPAU Dr. Suhardi Hardjolukito.  

“Kegiatan ini benar-benar memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, seperti Operasi Katarak, Operasi Bibir Sumbing, Khitanan Massal dan pengobatan lainnya, termasuk pemberian bantuan Kaki Palsu terhadap masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa pada tanggal 23 Maret 2018, akan dilaksanakan kegiatan Baksos Kesehatan TNI di Desa Bedoyo Gunung Kidul, Yogyakarta, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.  

“Personel Kesehatan TNI yang ada, dapat dikerahkan untuk membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan kemanusiaan di wilayah,” katanya. (Autentikasi: Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H).rel/03.
Editor: Mardan H Siregar 


Komentar Anda

Berita Terkini