Pj. Walikota dan Kapolres Padangsidimpuan Pimpin Pemusnahan Ganja

Harian 9 author photo
Pj. Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM bersama dengan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wijaya, S.Ik, MH memimpin langsung pemusnahan barang bukti (barbut) narkotika jenis ganja di halaman Mapolres Padangsidimpuan Jalan Serma Lian Kosong Padangsidimpuan, Kamis (15/3). (Foto ; Riswandy)




PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM bersama dengan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wijaya, S.Ik, MH memimpin langsung pemusnahan barang bukti (barbut) narkotika jenis ganja di halaman Mapolres Padangsidimpuan Jalan Serma Lian Kosong Padangsidimpuan, Kamis (15/3/2018). 

Pemusnahan barang bukti narkotika ganja seberat 49 kg dilakukan dengan cara di bakar di dalam tong, disaksikan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tapsel, AKBP. Dra. Siti Aminah Siregar, Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Padangsidimpuan, Ahmad Harahap, SH, perwakilan Pengadilan Negeri (PN) Padangsidimpuan dan undangan lainnya.

Usai pemusnahan barbut narkotika, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya, S.Ik, MH mengatakan, pemusnahan tersebut dilakukan pihaknya karena proses pelimpahan tersangka disertai barbut narkotika ke pihak penuntut umum Kejari Padangsidimpuan sudah masuk tahap III, sekaligus melengkapi berkas P21 oleh Jaksa penuntut Umum (JPU) untuk disidangkan.

“ Barbut narkotika ini merupakan‎ hasil penanganan kasus narkoba jenis ganja dan shabu dalam kurun waktu satu bulan terakhir dengan menetapkan 3 orang tersangka dari 4 lokasi penangkapan,” ujar AKBP Hilman Wijaya.

Menurutnya, pemusnahan bisa dilakukan meskipun kasus peredaran narkoba itu belum masuk ranah pengadilan, karena sesuai amanat undang-undang, penyidik berwenang memusnahkan barang bukti yang ada setelah terlebih dahulu sebahagian barbut disisihkan sebagai sample untuk proses persidangan nantinya.

“Kota Padangsidimpuan kini bukan hanya menjadi lokasi pemasaran/peredaran barang-barang haram tersebut. Namun, daerah ini telah menjadi target para bandar untuk mengedarkan narkoba dalam berbagai jenis, “ terangnya.

Sementara, Pj Walikota Padangsidimpuan, DR. H Sarmadan Hasibuan, SH, MM menyatakan keprihatinannya terhadap maraknya peredaran narkotika di Kota padangsidimppua akhir-akhir ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya barbut narkotika yang disita untuk dimusnahkan dan juga para pecandu, rata-rata masih usia produktif.

“ Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan selalu mendukung upaya yang dilakukan jajaran Polres Padangsidimpuan dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Kota Padangsidimpuan, serta tetap menjalin koordinasi, sehingga bisa meminimalisir pelanggaran hokum dalam kasus narkoba yang dilakukan warga Kota Padangsidimpuan, “ uar Sarmadan.

Ia juga menegaskan, peredaran dan penyalahgunaan narkoba di daerah ini, harus kita perangi bersama, karena polisi saat ini membutuhkan peran serta masyrakat untuk bersama sama memberantas narkoba dan pemerintah juga siap untuk untuk berperan aktif dalam hal pemberantasan narkoba didaerah ini.

“‎ Kita semua harus tetap waspada karena sebagian besar pengguna mengarah ke anak, remaja, mahasiswa dan mereka itu merupakan pasar potensial peredaran narkoba di kota Padangsidimpuan, “ tuturnya. (Wan9)



Komentar Anda

Berita Terkini